Product to Watch 01/07/2016: Knocki

Knocki 2

(Business Lounge Journal – Product to Watch) Konsep smart home atau si Rumah Pintar telah menjadi sebuah konsep rumah masa depan. Bagaimana sebuah rumah terisi dengan peralatan-peralatan yang dapat saling terkoneksi dan dapat bekerja secara otomatis untuk menyesuaikan kebutuhan manusia. Konsep ini dapat diwujudkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini.

Tetapi sebelum menuju pada rumah pintar, para ahli telah terus berinovasi. Salah satunya adalah Knocki, sebuah smart device atau perangkat cerdas yang akan memampukan Anda untuk memberi perintah pada peralatan yang memiliki remote di sekitar Anda untuk melakukan fungsinya hanya dengan mengetukkan jari Anda pada permukaan tertentu.

Anda tidak perlu berpindah tempat untuk menyalakan lampu, AC, radio tape, dan sebagainya. Anda juga tidak perlu menggunakan banyak remote untuk melakukannya.

Knocki merupakan perangkat nirkabel yang kecil yang dapat Anda tempelkan pada permukaan mana pun, baik dinding, meja, pintu, atau berbagai furnitur lainnya. Anda dapat juga menempelkannya tersembunyi atau berada di balik/di bawah sebuah benda lainnya. Knocki memiliki kemampuan untuk mengakses semua remote yang ada di sekitar Anda. Anda hanya perlu mengaturnya, misalnya saja bila Anda mengetukkan jari dua kali, maka televisi Anda akan menyala, jika Anda mengetukkan jari tiga kali, maka AC pun akan menyala. Namun untuk mengaktifkan Knocki dibutuhkan koneksi internet WiFi.

Knocky Function

Knocky Function 2

Bayangkan, betapa kerennya Anda di mata kerabat Anda yang berkunjung ke rumah. Sebab hanya dengan mengetukkan jemari Anda, fungsi beberapa peralatan di sekitar Anda pun langsung bekerja. Knocki pun tidak terkoneksi dengan smartphone Anda, sehingga akan tetap dapat bekerja walaupun smartphone Anda sedang tidak aktif.

Selain itu alat ini dapat dengan mudah menyaring berbagai bunyi-bunyian yang ada di sekitarnya sehingga tidak akan salah menangkap instruksi dalam mengaktifkan benda-benda lainnya. Sebuah knocki dapat menyimpan hingga 10 instruksi serta dapat berupa gerakan yang lebih kompleks. Misalnya sebuah instruksi yang terdiri dari satu ketukan yang kemudian diikuti dengan 2 ketukan.

Knocki menggunakan teknologi sensor non-akustik yang tidak dipicu oleh atau dipengaruhi oleh suara. Dengan demikian, beberapa Knocki dapat diletakkan berdampingan di ruangan yang sama tanpa konflik (selama mereka berada di permukaan yang terpisah). Misalnya, Anda dapat mengatur satu Knocki di balik meja Anda, dan lain di balik lemari.

Knocki akan berbeda dengan berbagai perangkat yang memiliki voice control  yang dapat saja mengalami kesalahan dalam menerima instruksi. Knocki dapat menseleksi semua suara yang ada di sekitarnya sehingga Anda tidak perlu kuatir jika harus menempelkannya di bawa meja makan Anda.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Knocki

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.