(Business Lounge Journal – General Management) Masalah inovasi telah banyak dipahami bahwa hal ini tidak dapat dikesampingkan jika ingin mencapai sebuah kemajuan yang berarti. Dalam sebuah tulisan, Fulvia Montresor, salah seorang direktur dari World Economic Forum melaporkan bahwa sebanyak 30 orang telah menerima beasiswa sebagai Technology Pioneers dari forum ini. Mereka berasal dari 7 negara dan 3 benua, serta mereka aktif dalam berbagai industri seperti kesehatan, pertanian, keuangan, dan juga IT. Terlepas dari keragaman geografis dan sektor yang mereka tekuni, semua penerima beasiswa ini memiliki tiga hal yang penting, yaitu mereka mengkombinasikan inovasi, berinovasi dengan kecepatan yang semakin meningkat, dan bekerja untuk mendapatkan solusi atas tantangan global yang ada.

Mengkombinasikan Inovasi

Pada waktu yang lampau, para ilmuwan sudah banyak melakukan inovasi, misalnya saja mereka yang kemudian menemukan listrik, telepon, hingga komputer. Dengan ilmu yang mereka miliki maka mereka menemukan sebuah inovasi yang ternyata sangat berguna untuk dunia ini. Namun para ilmuwan selanjutnya tidak berhenti hingga di situ, mereka pun terus berinovasi dengan mengkombinasikan berbagai ilmu. Inovasi pada dunia medis kini sangat bergantung pada teknologi komputer, inovasi pada dunia komputer sangat bergantung dengan teknologi internet, atau bagaimana satelit dikembangkan sedemikian rupa untuk berbagai kepentingan.

Demikian juga dalam dunia management. Anda tidak lagi hanya dapat mengandalkan ilmu yang dipelajari pada bidang Human Resources namun Anda perlu untuk mengkombinasikannya dengan business strategy. Anda juga tidak dapat hanya menjalankan ilmu marketing Anda, sangat penting untuk mengkombinasikannya dengan ilmu service. Zaman sudah sangat berkembang dengan begitu pesat. Dalam berbagai hal yang Anda jalani, Anda harus melakukan inovasi. Tidak hanya berbicara bahwa hal ini harus dilakukan oleh perusahaan sebagai sebuah organisasi, melainkan Anda sebagai invidu.

Inovasi akan membuat hari ini akan selalu berbeda dengan hari kemarin, jika ternyata Anda masih melakukan hal yang sama, maka bersiaplah untuk segera tersingkir. Sebab ada banyak orang di belakang Anda yang akan segera mendahului Anda oleh karena inovasi yang dilakukannya tiap-tiap hari akan membawa mereka untuk mengungguli Anda.

Berinovasi Semakin Cepat

Komputer generasi pertama dikembangkan antara tahun 1946 hingga 1959 (13 tahun). Sedangkan komputer generasi kedua kemudian dikembangkan pada tahun 1959 hingga 1965 (6 tahun). Namun kemudian perkembangan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Hingga saat ini, tidak membutuhkan waktu tahunan untuk sebuah teknologi baru diperkenalkan.

Inovasi dalam teknologi yang sangat pesat juga terlihat yaitu dalam teknologi komunikasi. Baru saja sebuah brand mengeluarkan seri smartphone terbarunya dengan berbagai kecanggihan, hanya dalam hitungan bulan, brand lainnya pun mengeluarkan seri terbarunya yang diklaim memiliki kecanggihan yang lebih lagi. Dengan begitu cepat smartphone, komputer, dan berbagai peralatan teknologi lainnya menjadi seolah usang oleh karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Masih ingat beberapa brand seperti Kodak yang harus gulung tikar oleh karena cepatnya teknologi berkembang? (Baca: Jangan Abaikan Teknologi dalam Menyusun Strategi Business Anda).

Kecepatan untuk berinovasi kelihatannya sangat memegang peranan yang penting. Demikian juga yang perlu Anda lakukan dalam keseharian Anda. Pilihlah untuk menjadi tidak tenang dan terus mencoba untuk berinovasi di dalam keseharian Anda.

Memberikan Jawaban atas Tantangan Global

Penting untuk tidak hidup bagi diri sendiri melainkan membuka mata dan telinga lebar-lebar untuk mengetahui permasalahan apa yang terjadi secara global lalu jadikanlah hal itu menjadi acuan bagi Anda untuk berinovasi. Misalnya saja, ketika dunia sedang ramai dengan mendukung penghijauan, Anda malah tampil dengan inovasi yang merusak lingkungan. Ini tentu saja bertolak belakang.

Jadi, sulitkah untuk berinovasi? Penting untuk tidak beranggapan bahwa inovasi adalah ketika Anda menciptakan sebuah mesin teknologi yang canggih. Tetapi bagaimana Anda dapat mengubah pola kerja Anda atau pola kepemimpinan Anda dan menyesuaikannya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, telah merupakan sebuah inovasi.

Jadi, mari berinovasi!

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Related Posts

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.