Heel Bijzonder By Klaas Stoppels

(Business Lounge – Culture) – Setiap manusia, pastinya memang memiliki keistimewaan tersendiri yang terpancar dalam dirinya. Bukan hanya ketika ia masih muda, tetapi ketika ia berusia lanjut, manusia pun tetap istimewa. Itulah manusia, kemegahannya memang terlihat ketika ia hidup di muka bumi ini. Hal itulah, yang menjadi perhatian Klaas Stoppels, fotografer asal Belanda.

Face1

Ibu ini, memang usianya sudah terbilang lanjut. Garis mukanya pun memperlihatkan, bahwa usianya sudah tak lagi muda. Tetapi, pesonanya tetap terpancar. Dengan pandangan sayu dan pakaian yang sederhana, sang ibu tua ini menjalani kehidupannya. Ia tetap terlihat istimewa, dengan segala kesederhanaan yang ia miliki.

Face2

Ibu ini memang terlihat sudah bungkuk. Beban yang ditanggung di atas bahunya, memang tak ringan nampaknya. Tetapi, dengan tegar, ia menapaki jalan sedikit demi sedikit. Itulah manusia, keistimewaannya terlihat ketika ia berani dalam menjalani kehidupannya, apapun kondisinya, dan berapapun usianya.

Face5

Face4

Namanya Bapak Gimun. Usianya memang sudah sangatlah tua. Bahkan, ketika gambar ini diambil, ia sudah berusia 85 tahun. Namun, tenaganya masih kuat, dan tangannya masih terampil. Dengan telaten dan rapi, ia mengecat keramik yang ada di Kasongan. Dengan segala yang dimilikinya, Pak Gimun memang istimewa, karena ia tahu bagaimana menghargai kehidupannya di usianya yang lanjut.

Face3

Ibu pembuat pola sarung di Sukoharjo ini, juga memperlihatkan betapa istimewanya manusia di muka bumi. Tak dibatasi usia dan tenaga, manusia memang dapat melakukan banyak hal selagi ia diberikan kekuatan dan kehidupan dari Tuhan Sang Pencipta. Manusia, keistimewaannya memang tak pernah lekang oleh waktu, selagi ia berada di muka bumi. Memang, manusia dengan segala keberadaannya, selalu indah dilihat, ketika kita mengamatinya dari hati kita yang tulus.

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
Contributor : Mr. Klaas Stoppels
Editor : Fanya Jodie

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.