The Basin Men by Klaas Stoppels

(Business Lounge Journal – Culture) – Rawapening, danau di Semarang, Jawa Tengah yang pesonanya memang tak pernah memudar.  Danau yang membentang di Ambarawa, Bawen, Tuntang, serta Banyubiru ini, seolah menjadi sahabat manusia sejak dahulu kala, terutama bagi para pemancing ikan.

Rawapening2

Meskipun terlihat biasa, Rawapening tetaplah memiliki daya tarik tersendiri. Saat keberadaan tanaman air eceng gondok,  seperti menyelimuti akan tempat itu. Namun, sepertinya hal itu tidak menyurutkan niat para penangkap ikan, untuk tetap melakukan aktivitasnya disana. Itulah fakta yang tak terbantahkan, bahwa Rawapening tetap dilirik entah apapun keadaannya kini.

Rawapening1

Rawapening7

Para penangkap ikan, dengan jaringnya yang terkembang, selalu setia melakukan aktivitasnya. Rawapening, dengan keadaannya kini, memang masih saja menyuguhkan pesonanya kepada manusia. Memang, keindahan alam memang selalu membuat manusia tersenyum.

Rawapening9

Rawapening, danau indah yang kini banyak ditumbuhi eceng gondok. Namun, ia masih bisa menarik hati manusia yang menjalani aktivitasnya disana. Memang, manusia dan alam, seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan di Rawapening. Kini, marilah kita bertanya pada diri, masihkah kita ingin memelihara alam ini, yang sesungguhnya diciptakan Tuhan untuk membuat kita merasa senang dan bahagia? Kitalah yang menjawabnya.

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
Contributor : Mr. Klaas Stoppels
Editor : Michael Judah

Leave a Reply

Your email address will not be published.