Honest Soup by Klaas Stoppels

(Business Lounge Journal – Culture) – Mengabadikan warung soto daging dengan dapur tradisionalnya, mungkin tak terpikirkan bagi sebagian orang. Namun, suasana yang autentik dan asli seperti ini, tentunya merupakan suatu hal yang sangat berkesan bagi Mr. Klaas Stoppels, seorang fotografer asal Belanda.

Pengambilan gambar yang dilakukan dengan suasana yang asli, tanpa adanya penataan dan pengaturan di tempat, memang menghasilkan karya yang menarik. Keaslian suasana yang tergambar di warung soto dan dapur tradisionalnya, tentunya sama aslinya dengan kenikmatan soto daging yang dihidangkan disana. Dan semua keaslian tersebut, seolah menceritakan sebuah kisah menarik yang ada di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Kisah yang mungkin jarang didengar oleh sebagian orang.

Jatinom2

Semangkuk soto daging yang hangat, pastinya tak akan terlupakan nikmatnya. Itulah yang mungkin dirasakan sekelompok orang yang duduk santai di warung soto yang ada di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Di warung soto tersebut, tampak beberapa orang bapak duduk santai sambil menikmati soto yang hangat, serta berbincang satu dengan yang lainnya. Semangkuk soto daging yang mereka nikmati, tentunya tak lepas dari peran segelintir orang yang memasaknya di dapur tradisional yang sederhana.

Jatinom1

Jatinom4

Dapur tradisional, tempat soto daging tersebut dibuat dan dimasak, memang jauh dari kesan mewah. Peralatan yang ada disana pun terlihat sederhana. Atap dan dindingnya yang terbuat dari kayu, juga sudah terlihat tak mulus lagi. Namun, dari dapur itulah, diolah sebuah soto hangat yang dinikmati banyak orang dari berbagai kalangan.

Jatinom3

Warung soto daging yang sederhana, memang seolah menjadi saksi akan menariknya kehidupan manusia yang ada di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Dari dapur yang sederhana, semangkuk soto daging yang nikmat dimasak, diolah, dan ditaruh di mangkuk untuk dihidangkan kepada banyak orang yang sudah tak sabar ingin menikmatinya. Warung soto daging di Jatinom, tempat yang sederhana, tetapi menyuguhkan kehangatan dan citarasa yang tak terlupakan.
Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
Contributor : Mr. Klaas Stoppels
Editor : Michael Judah

Leave a Reply

Your email address will not be published.