(Business Lounge Journal – Tech) Memiliki gadget pada 30 tahun yang lalu tentu saja tidak semudah zaman sekarang ini. Hanya dengan angka tidak sampai Rp500.000, Anda sudah dapat memiliki smartphone. Tetapi tahukah Anda bahwa hanya orang berduit saja yang dapat memiliki ponsel. Tidak hanya itu, telepon pada masa itu hanya terbatas untuk berbicara, tidak dapat mengirimkan pesan. Untuk mengirimkan pesan hanya dapat melalui mesin fax. Selain itu ada berbagai fungsi yang juga hanya dapat dilakukan oleh peralatan teknologi tertentu dengan harga selangit. Jika dibandingkan dengan teknologi saat ini, untuk menjalankan fungsi yang sama, maka dapat dikatakan bahwa semua fungsi tersebut dapat dilakukan oleh sebuah smartphone. Sebab sebuah smartphone sudah dapat digunakan untuk bicara, mengirimkan pesan, GPS, merekam suara, penunjuk waktu, memainkan musik, game, menonton televisi, merekam gambar, merekam kejadian, conference call, dan berbagai fungsi lainnya.

Jika saja pada 30 tahun yang lalu Anda mencoba untuk memiliki semua peralatan untuk melakukan semua fungsi yang ada, maka diperkirakan bahwa Anda membutuhkan dana hingga USD 32,136,910 atau jika dirupiahkan dengn kurs Rp1,200, maka saat itu Anda membutuhkan dana sebesar lebih dari 38,5 miliar rupiah. Suatu angka yang sangat besar tentunya.

Webpage mengkalkulasikan nilai tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan 109 buah rumah baru, atau 957 mobil baru, atau 84,795 komputer baru.

Sehingga jika saat ini Anda hanya membutuhkan smartphone seharga paling tidak 2 juta rupiah untuk menjalankan semua fungsi tersebut, betapa beruntungnya Anda.

smartphone-cost-infographic 2

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : webpagefx.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.