#sharejoy Starbucks, Tak Pernah Lekang Oleh Waktu

Starbucks_ShareJoy

(Business Lounge – News & Insight) -Belum lama ini, saya mendapatkan kiriman sebuah video di smartphone mengenai promosi akhir tahun dari Starbucks. Tentu saja, saya begitu tertarik melihatnya. Barista dengan wajah gembira dari berbagai negara di Asia, terlihat menyanyikan lagu “Auld Lang Syne” yang legendaris dan para pengunjung yang ada terlihat bahagia dengan nyanyian para barista tersebut.

Setelah saya mencari tahu, ternyata sebenarnya promosi #sharejoy dari Starbucks ini bukanlah promosi yang benar-benar baru, melainkan promosi yang sudah dua tahun lalu. Tetapi, daya tarik dan pesan yang ada dari iklan ini, benar-benar tak lekang oleh waktu, dan tentunya tetap menarik hingga kini. Tentunya, saya mencoba untuk menyelidiki mengenai iklan yang sangat menarik ini. Dikatakan menarik, bukan masalah hits yang banyak atau sedikit, tetapi mengenai konsepnya yang sampai sekarang tetap dapat diaplikasikan, dan tetap menyenangkan untuk dilihat.

Pertama kali kita melihat video, pastinya kita akan melihat seorang barista wanita dari Filipina yang menyanyikan awal lagu “Auld Lang Syne” dengan suaranya yang merdu. Setelah itu, tak berapa lama, setting dari video tersebut akan pindah ke barista yang berasal dari negara Asia lainnya, yaitu Korea Selatan. Tentunya, tidak berhenti sampai disitu saja, melainkan video tersebut terus bergerak sampai lagu selesai, dan sepanjang video berjalan, akan terlihat barista dari berbagai negara yang berbeda menyayikan lagu “Auld Lang Syne” dan para pengunjungnya akan terlihat bahagia dan senang dengan nyanyian para barista.

Video dengan tema #sharejoy ini memang tidak tergolong baru. Tetapi, cara pemasaran yang dilakukannya, tentunya tetap dapat diaplikasikan hingga kini. Tak heran, videonya pun masih disukai dan beredar hingga kini. Dari video tersebut, tentunya banyak hal mengenai pemasaran yang bisa dipelajari. Berikut beberapa kunci keberhasilan dari video #sharejoy yang meskipun sudah dirilis sejak lama, tetap bisa menarik perhatian :

Service Excellent yang sangat terlihat pada barista Starbucks

Seperti yang kita tahu, Service Excellent merupakan salah satu indikator dari perusahaan. Apakah perusahaan tersebut baik atau tidak di mata konsumen, salah satunya terlihat dari Service Excellent. Dalam video tersebut, sangat terlihat Service Excellent yang dilakukan para barista Starbucks, seperti menyajikan minuman dengan baik dan rapi, serta membersihkan outlet dengan rajin agar konsumen merasa nyaman.

Memperlihatkan bahwa “customer is the king”

Kita semua tentunya tahu, bahwa prinsip “Customer Is The King” memang harus dijalankan oleh setiap perusahaan, tak terkecuali Starbucks. Dengan berprinsip “Customer Is The King” dan benar-benar memperlakukan konsumen bak raja, maka hal itu akan berujung pada “Customer Loyalty” atau loyalitas konsumen. Dalam video tersebut, sangat terlihat prinsip “Customer Is The King”, dimana para konsumen dilayani dengan sangat puas, bahkan bukan hanya dilayani seperti biasa, tetapi juga dihibur dengan nyanyian “Auld Lang Syne”. Dan, semua orang sangat senang jika disambut dengan nyanyian, termasuk konsumen. Tentunya, dengan pelayanan yang terlihat maksimal, ditambah nyanyian merdu para barista, hal itu membuat konsumen merasa terhibur dan diperlakukan dengan baik.

Menggambarkan persepsi brand yang “memberikan kegembiraan”

Brand image tentunya merupakan salah satu hal yang diutamakan perusahaan. Salah satu persepsi dari brand image yang terlihat dalam video ini adalah kegembiraan yang terlihat di setiap outlet Starbucks yang ada di berbagai negara di Asia tersebut. Apalagi, kesan “memberikan kegembiraan” tersebut juga terlihat ketika para barista menyanyikan lagu bersama-sama dengan wajah yang ceria. Memang, kegembiraan adalah hal yang dicari orang. Dan Starbucks, tahu mengemas kegembiraan tersebut dengan wajah ceria para baristanya.

Cara pengambilan setting video yang menarik dan tidak membosankan

Cara pengambilan gambar video, tentunya merupakan hal yang sangat diperhitungkan. Terlihat pada video #sharejoy tersebut, bukan hanya nyanyian para baristanya yang difokuskan, tetapi juga cara pengambilan gambar yang memperlihatkan ekspresi para barista ketika bernyanyi, dan juga ekspresi para konsumen yang gembira. Tentunya, pengambilan gambar video yang menarik tersebut, bisa membuat orang yang melihatnya menjadi semakin tertarik bahkan loyal kepada Starbucks. Memang, benar yang orang katakan, gambar bisa menceritakan banyak hal. Dan tak dapat dipungkiri, keseluruhan dari konsep video Starbucks ini, memang salah satu kunci kesuksesannya terletak pada pengambilan setting yang menarik dari berbagai outlet Starbucks di berbagai negara.

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
Image : Youtube
Editor : Fanya Jodie

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.