(Business Lounge Journal – News) World Internet Conference telah dibuka pada Rabu (16/12) di Wuzhen, Tiongkok, memiliki banyak ornamen modern konferensi teknologi: hashtag media sosial yang jelas  (#WIC2015), slogan yang juga jelas (An interconnected world shared and governed by all – dunia yang saling berhubungan yang berbagi dan diatur oleh semua), banyak media melakukan tweeting, dan siaran langsung setidaknya satu pembicara, demikian dilansir oleh quartz.

Namun acara ini meniadakan beberapa hal mendasar juga. Seperti pejabat pemerintah tingkat tinggi dari negara–negara besar dunia. Sebab sebelumnya dilaporkan ada 8 kepala negara atau pemimpin dari negara-negara asing akan hadir:

– Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev
– Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif
– Perdana Menteri Kazakhstan Karim Massimov
– Perdana Menteri Kirgistan Temir Sariyev
– Perdana Menteri Tajikistan Kokhir Rasulzoda
– Presiden Pakistan Mamnun Hussain
– Wakil perdana menteri (dan menteri keuangan) dari Uzbekistan Rustam Azimov
– Wakil Perdana Menteri Kerajaan Tonga Siaosi Sovaleni

Sementara sebelumnya Xinhua melaporkan bahwa 2.000 orang akan hadir dari 120 negara dan wilayah, namun daftar seluruh tamu tersebut pun tidak dapat ditemukan di mana pun, demikian dilansir oleh quartz.

Tahun lalu, perwakilan tingkat tinggi dari luar perbatasan Tiongkok sangat sedikit. Sedangkan pembicara dari perusahaan dan lembaga non-Cina pun sangat terbatas seperti Qualcomm, LinkedIn, dan beberapa kelompok perdagangan. Tahun ini, setidaknya menurut agenda online yang tersedia, daftar pembicara dikemas dengan pejabat pemerintah Tiongkok dan eksekutif perusahaan, tetapi juga mencakup CEO Airbnb Brian Chesky, pendiri Wikipedia Jimmy Wales, CEO Netflix Reed Hastings, dan perwakilan dari Facebook, Sequoia Capital dan beberapa lainnya.

Meskipun pemerintah Tiongkok mempertahankan kontrol ketat melalui internet, negara ini memiliki sekitar 680 juta warga secara online, sebuah angka yang sangat besar dibandingkan negara manapun di dunia. Itu membantu menjelaskan mengapa perusahaan teknologi berbondong-bondong ke konferensi ini, siapa pun mereka bahkan meskipun mereka tidak terlalu banyak secara global.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.