Cara Maksimal Dalam Menggunakan Media Sosial Twitter

Twitter Image

(Business Lounge – Tech & Gadget) – Media sosial kini memang sudah menjadi gaya hidup orang pada umumnya. Bukan hanya untuk berkomunikasi dengan sahabat atau kolega, melainkan juga sebagai alat promosi untuk bisnis. Salah satu media sosial yang populer adalah Twitter.

Jika dilihat, promosi menggunakan Twitter juga bisa dikatakan efektif, karena mudah dalam penggunaannya. Tetapi, untuk memaksimalkan promosi melalui Twitter, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Apa sajakah itu? Berikut beberapa caranya :

Fokus pada content atau isi kalimat

Content atau isi kalimat dalam tweet Anda harus dibuat menarik, jangan menuliskan kalimat yang ambigu, dan jangan juga menulis kalimat yang membosankan. Ingat, pertama kali orang memutuskan untuk membaca dan mengikuti Twitter Anda adalah ketika melihat content yang ditampilkan. Jangan juga isi tweet Anda hanya berisi promosi murni yang bisa membuat orang malas melihatnya, melainkan juga harus berisi hal yang mengandung unsur “penasaran” agar menarik bagi orang yang akan membacanya. Ingat, intinya content atau isi kalimat sangat menentukan respon pasar terhadap promosi yang Anda lakukan melalui Twitter.

Lihat dan fokus pada followers yang sudah ada

Sangatlah penting untuk sesekali mengecek followers Anda pada umumnya. Misalnya, jika berita yang Anda tuliskan dengan tweet merupakan berita tentang A, tetapi kebanyakan followersnya adalah dari B, mungkin Anda harus mengubah strategi agar content dari tweet yang Anda tuliskan lebih mengarah ke B. Pada prinsipnya, Anda harus melihat, siapa saja followers Anda selama ini, apakah sudah tepat dengan segmen yang Anda tuju. Dan, hal penting yang harus Anda ketahui, fokuslah untuk mempertahankan followers yang sudah ada, dan pelajari apa yang sebenarnya mereka inginkan. Jangan hanya mempertahankan gaya penulisan tweet Anda saja padahal followers Anda menginginkan cara yang lain. Intinya, fokus pada keinginan dari followers Anda.

Gunakan gambar yang sesuai

Untuk penggunaan Twitter yang maksimal, ada kalanya gambar juga dibutuhkan, bukan hanya tulisan. Ada orang berkata, kalau gambar sudah menceritakan banyak hal, dan kalau dipikir, hal itu ada benarnya. Karena itu, sesekali masukkan gambar yang menarik dan atraktif, supaya baik followers, maupun orang lain yang melihatnya menjadi tertarik untuk mengeksplorasi lagi hal apa yang Anda ingin sampaikan melalui Twitter.

Gunakan hashtag yang cocok dengan kalimat Anda

Ini mungkin hal yang wajib untuk dilakukan dan diingat, yaitu jangan pernah menuliskan hashtag yang tidak sesuai dengan kalimat yang ditulis dalam tweet Anda. Bisa jadi, hashtag tersebut memang populer, tetapi kalau tidak cocok, Anda akan melihat kalimat tweet Anda hanya “menumpang popularitas”, dan akan terkesan tidak menarik. Misalnya Anda sedang bicara tentang tempat wisata, masukkanlah hashtag yang sesuai, seperti misalnya #travel, #tourism, dan hashtag lainnya yang sesuai.

Buat kalimat yang tidak terlalu panjang namun berkesan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh social media powerhouses Buffer, kalimat yang cocok adalah sekitar 71-100 karakter. Jadi, upayakan agar tweet Anda juga jangan terlalu panjang, tetapi jangan terlalu pendek dan membuat pembaca menjadi bingung untuk mengerti maksudnya. Intinya, kalimat yang Anda tulis dalam tweet Anda, jangan terlalu panjang, tetapi harus memberikan kesan dan mengundang rasa “penasaran” bagi publik. Bahkan, upayakan kalimat dalam tweet Anda dikemas sedemikian menarik sehingga bukan hanya memberikan kesan, tetapi juga agar publik mau melakukan retweet terhadap tweet yang Anda tuliskan.

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
Image : Pixabay
Editor : Fanya Jodie

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.