(Business Lounge – Empower People) – Sales adalah ujung tombak dari perusahaan. Meskipun keberadaannya terkadang suka dianggap kurang penting, tetapi sebenarnya tanpa adanya seorang sales, maka perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan baik. Seorang sales, adalah seseorang yang melakukan penjualan dan berhadapan langsung dengan calon konsumen, dan seorang yang menentukan pendapatan yang akan diterima perusahaan pada akhirnya.

Sales memang memegang peranan penting di dalam kelangsungan hidup perusahaan. Namun,merekrut sales yang terlalu banyak juga tidak akan ada manfaatnya jika mereka tidak menghasilkan. Merekrut satu orang tapi menghasilkan, itu lebih baik. Tetapi, jika Anda ingin hasil yang maksimal, satu orang tidaklah cukup. Yang tepat adalah, merekrut dalam jumlah yang tepat, dan semuanya menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Jadi, pertanyaannya adalah, bagaimana cara agar membuat semua sales Anda sanggup menjual produk atau jasa Anda, dan mendatangkan pendapatan bagi perusahaan Anda? Berikut beberapa caranya :

Lakukan training setiap hari

Training kepada semua sales, harus dilakukan setiap harinya. Biasanya, training yang pas dilakukan pada saat morning briefing. Materi yang diberikan juga tidak perlu terlalu berat, yang penting harus berhubungan dengan cara product knowledge, cara berkomunikasi yang efektif dengan konsumen, dan cara mengenali karakter konsumen, termasuk di dalamnya cara menjawab apabila konsumen mengatakan “tidak” kepada produk atau jasa yang dijual.

Komunikasi interaktif dengan semua sales Anda

Komunikasi yang interaktif sangat dibutuhkan, hal itu tentunya untuk memberikan semangat pada semua sales Anda. Komunikasi tersebut berupa pertanyaan mengenai masalah yang dihadapi di lapangan, dan bagaimana solusinya. Selain itu, bagi sales yang berprestasi dan berhasil menjual dalam jumlah yang banyak, berikan kesempatan baginya untuk memberikan testimoni dan tips penjualan agar menjadi inspirasi bagi yang lainnya.

Buatlah sistem komisi yang menarik

Sistem komisi yang menarik, pastinya menjadi motivasi bagi semua sales Anda untuk menjual produk dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Komisi yang diberikan, tidak harus dalam bentuk uang, melainkan juga bisa dalam bentuk liburan gratis ke negara yang sudah ditetapkan.

Ajarkan semua sales Anda untuk melakukan pengukuran

Seorang sales, tidak akan berhasil mencapai target jika tidak didorong dengan pengukuran. Yang dimaksud dengan pengukuran disini adalah mengukur berapa konsumen yang harus didapatkannya agar mendapatkan komisi yang ingin dicapainya. Ajarkan mereka untuk tidak hanya melakukan pekerjaan harian, dan sekedar menjual saja, tetapi teruslah memotivasi untuk melakukan pengukuran dengan komisi yang akan mereka terima. Dengan didorong oleh semangat mendapatkan komisi, maka semua sales Anda akan semakin bersemangat menjual produk yang dihasilkan perusahaan Anda.

Berikan training untuk dapat menjual secara online

Saat ini, dunia online merupakan hal yang sangat berkaitan erat dengan promosi. Ya, banyak keberhasilan dalam promosi dan penjualan adalah karena didukung oleh dunia online, terutama sosial media. Karena itu, berikan training kepada semua sales Anda untuk bisa mempromosikan serta menjual produk dengan memanfaatkan online. Hal itu, akan membuat awareness masyarakat terhadap produk Anda menjadi meningkat, dan bagi sales Anda, tentunya akan memberikan dampak positif pada penjualannya.

Zefanya Zefanya Jodie/VMN/BLJ/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.