(Business Lounge Journal – Global News) iRobot Corporation adalah perusahaan teknologi canggih Amerika yang didirikan pada tahun 1990 dan tergabung dalam Delaware pada tahun 2000. iRobot adalah perusahaan publik, yang berbasis di Bedford, Massachusetts. Perusahaan ini mendesain robot untuk dapat membantu manusia di dalam kesehariannya, mulai dari robot vacuum cleaner (Roomba), robot pembersih lantai yang dapat menyikat lantai (Scooba), dan robot militer dan polisi, seperti PackBot.

Bukan tanpa alasan, iRobot menemukan jenis-jenis robotnya ini. Misalnya saja, pada tahun 1998 perusahaan menerima kontrak penelitian DARPA (Defence Advance Research Projects Agency, yakni pusat riset militer Amerika Serikat) yang menyebabkan dikembangkannya robot PackBot. Dalam penggunaannya sebagai  bomb-disposal units dengan militer AS di Irak dan Afghanistan, Packbots telah digunakan untuk mengumpulkan data dalam kondisi berbahaya di lokasi bencana nuklir Fukushima Daiichi, dan iRobot Seaglider telah mendeteksi kolam minyak di bawah permukaan air setelah tumpahan minyak Deepwater Horizon.

Sedangkan pada bulan September 2002, iRobot meluncurkan robot rumah andalannya, Roomba, yang terjual satu juta unit pada tahun 2004. iRobot mulai diperdagangkan di NASDAQ pada bulan November 2005, di bawah simbol ticker IRBT.

Pada tanggal 17 September 2012, iRobot mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Evolution Robotika, produsen otomatis lantai mopper Mint. iRobot telah terjual lebih dari 8 juta robot rumah, dan telah menempatkan lebih dari 5.000 pertahanan & keamanan robot, seperti tahun 2012.

iRobot telah mendapatkan banyak kritikan dalam upaya penggunaan yang tidak diatur dari 6240-6740 MHz band, dan meminta pembebasan FCC untuk melakukannya. Band ini digunakan untuk memotong rumput robot tanpa perlu menggunakan pagar elektronik sebagai penanda batas, bukan dengan menggunakan beacon radio. Band ini jatuh ke sebuah band dicadangkan untuk digunakan astronomi radio, sehingga mengganggu pengamatan teleskop radio dari 6,66852 emisi metanol ini GHz.

Robot Roomba
IRobot_Roomba_780Roomba adalah robot vakum pembersih otomatis yang pertama kali dirilis pada tahun 2002. Roomba ini didukung oleh baterai isi ulang, dan banyak model yang tersedia dengan docking station yang memungkinkan Roomba harus kembali untuk mengisi ulang pada akhir siklus pembersihan. Mereka bekerja bersama dengan aksesoris yang menggunakan kedua IR dan RF.


 Scooba
193px-IRobot_Scooba_380Scooba adalah robot yang menggosok lantai. Tipe robot ini dirilis dalam jumlah terbatas pada bulan Desember 2005 untuk musim Natal, dengan produksi penuh dimulai pada awal 2006. Perusahaan ini memperkenalkan versi harga yang lebih rendah pada semester kedua tahun 2006. Namun pada Januari 2014, diperkenalkan Scooba baru 450 di CES. Robot ini akan bekerja maksimal dengan menyertakan larutan pembersih khusus atau cuka putih untuk mencuci lantai keras. Unit yang lebih baru juga dapat menggunakan air biasa. Beberapa versi telah dipasarkan.

Braava
Braava adalah iRobot yang mengepel lantai. Robot ini dirancang untuk bekerja pada semua lantai dengan permukaan yang keras. Braava menggunakan pakaian atau microfiber kain pembersih untuk membersihkan basah dan / atau kering.

Packbot

090310-N-7090S-001 INDIAN HEAD, Md. (March 10, 2009) Explosive ordnance disposal technicians are using remote-controlled machines to help detect and defuse improvised explosive devices. (U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 2nd Class Jhi L. Scott/Released)

Robot ini merupakan robot militer. Lebih dari 2000 robot telah digunakan di Irak dan Afghanistan. Packbots adalah robot pertama yang memasuki pabrik nuklir Fukushima yang rusak setelah gempa Tohoku 2011 dan tsunami. Pada November 2014, Angkatan Darat AS memperbaiki tipe 224 iRobot dengan tipe 510 robot .

Selain itu ada Mirra, robot yang membersihkan kolam renang. Bahkan sebelumnya ada robot pembersih kotoran hewan piaraan namun tidak lagi diproduksi.


citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.