(Business Lounge – Empower People) – Sebagai seorang pebisnis, pastinya banyak hal yang akan dihadapi di dalam kehidupan. Entah mengalami segala sesuatu yang sulit dalam perjalanan bisnis, maupun mengalami banyak hal yang akhirnya membuat Anda merasa lelah dan tidak dapat bergembira. Tetapi, Anda harus tahu, bahwa sebagai pebisnis, Anda harus tetap bergembira di dalam hidup, apapun yang terjadi di dalam kehidupan Anda sebagai pebisnis.

Mungkin Anda bertanya, sebagai pebisnis, saya itu tidak sesukses si A, atau sebagai pebisnis, saya jadi harus bekerja keras ekstra. Bisa jadi, semua yang Anda katakan semua benar adanya, tetapi salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis adalah jika Anda bahagia di dalam menjalani kehidupan Anda. Mungkin Anda bertanya, lho apa hubungannya bisnis dengan kebahagiaan menjalani hidup? Saya akan jelaskan kepada Anda, kebahagiaan dalam hidup membuat Anda lebih bergairah dalam menjalankan bisnis, dan pada akhirnya, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih berhasil.

Money can’t buy happiness, kata-kata itu sering terdengar, dan sebenarnya kalau dipikir itu ada benarnya. Kalau bisnis Anda membuat Anda kaya raya, itupun baik adanya, tetapi jika Anda tidak bahagia, maka hal itu menandakan bisnis Anda tidak berhasil. Mengapa? Karena Anda tetap merasa kurang terus, dan seumur hidup hanya mengejar “kekurangan” terus di tengah uang yang melimpah. Inti dari keberhasilan dalam bisnis, bukan dari banyaknya uang yang ada, melainkan dari keberhasilan Anda dalam mencukupkan kebutuhan pribadi serta memberi pada orang lain yang membutuhkan. Pertanyaannya kini, bagaimana caranya agar Anda lebih bahagia sebagai pebisnis? Ini dia berbagai caranya :

Disiplin dalam mengatur pos keuangan Anda

Sebenarnya, yang membuat pengeluaran menjadi semakin “mahal” adalah keinginan Anda sendiri. Sebagai seorang pebisnis, ada cara yang wajib Anda lakukan untuk membuat Anda bahagia, yaitu membiasakan diri untuk berbelanja sesuai pemasukan yang ada, menghindari hutang yang disebabkan keinginan mata, dan disiplin di dalam mengatur pos keuangan, baik mengatur pemasukan rutin maupun pengeluaran rutin.

Dengan Anda memiliki mental disiplin mengatur pos keuangan, Anda akan lebih tenang di dalam hidup Anda, karena adanya kepastian bulanan. Angka pemasukan maupun pengeluaran rutin, biasakan untuk dibuat sesuai kebiasaan. Dengan berdisiplin dalam mengatur pos keuangan, maka berapapun pemasukan yang Anda terima, asalkan tidak merugi, pastinya Anda akan membuat Anda bahagia.

Merenungkan  kehidupan Anda sebelum tidur

Sebagai seorang pebisnis, ada kalanya Anda harus memikirkan kembali apa yang sudah Anda lakukan sepanjang hari. Dengan memikirkan apa yang sudah Anda lakukan, maka Anda akan bisa bersyukur, dan menyadari hidup Anda beruntung karena masih bisa berbisnis, bekerja, dan bahkan memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain.

Rutin dalam berolahraga untuk kesehatan Anda

Berolahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda.Ingat, sekeras apapun Anda bekerja, itu semua tidak akan ada artinya jika Anda sakit. Karena itu, Anda harus rajin berolahraga dan juga mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Miliki waktu untuk berlibur bersama keluarga

Bisnis memang penting, tetapi jangan lupakan keluarga mereka. Anda bisa mencari uang sebanyak-banyaknya, tetapi kasih sayang keluarga, tentunya itu hal yang tak tergantikan. Karena itu, Anda tetap harus memasukkan liburan sebagai bagian dari pos pengeluaran Anda. Tidak perlu liburan yang terlalu sering, tetapi Anda tetap harus menyempatkannya dalam setahun bersama keluarga Anda. Ingat, kasih sayang keluarga, tentunya itu yang bisa membuat Anda juga bahagia sebagai pebisnis.

Banyak memberi kepada orang lain yang membutuhkan

Jika seorang pebisnis kaya raya masih tidak bahagia dan merasa kekurangan, bisa jadi karena ia kurang memberi kepada orang lain yang membutuhkan. Sebenarnya, kita harus tahu, terkadang rezeki orang lain bisa melalui pemasukan yang kita dapatkan dalam berbisnis. Karena itu, Anda tetap harus memberi di dalam hidup Anda, jika Anda ingin kehidupan Anda bahagia sebagai seorang pebisnis. Orang egois, meskipun bergelimang harta, tidak akan merasa puas dan bahagia. Tetapi, seorang pebisnis yang suka memberi, biasanya memiliki kehidupan yang lebih bahagia.

Zefanya Zefanya Jodie/VMN/BLJ/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.