(Business Lounge Journal – Operate Efficiently)  Anda akan segera mengakhiri tahun ini. Memutuskan untuk melakukan  decluttering akan menjadi pilihan yang bijaksana untuk membuat rumah Anda kembali asri dan tidak penuh sesak. Coba cek apa saja barang-barang kuno atau yang sudah tidak berguna di rumah Anda yang perlu Anda ‘lengserkan’. Jika tidak, maka dijamin rumah Anda dapat menjadi tumpukan barang kuno saja. Atau Anda juga perlu melakukannya pada isi kamar atau lemari Anda untuk melonggarkan ruang yang ada.

Namun sering kali hambatannya adalah merasa sayang dengan benda-benda yang Anda rasa, suatu kali bisa saja dapat digunakan kembali. Misalnya saja, Anda yang kini telah berukuran M, masih menyimpan kebaya saat Anda masih berukuran XL. Ingin memodifikasinya namun tidak memungkinkan sebab akan membuang detil yang justru menarik. Lalu Anda tetap menyimpannya sambil berpikir, kalau-kalau suatu hari Anda kembali ke ukuran besar itu. Kesalahan besar! Sebab siapa yang mau kembali ke ukuran besarnya? Atau, pada saat itu terjadi, bisa saja model kebaya tersebut sudah ketinggalan zaman. Rasa sayang dan pertimbangan-pertimbangan sendiri hanya membuat isi lemari Anda seolah-olah akan segera meledak.

Atau Anda masih menyimpan kursi masa kecil Anda yang sudah patah kakinya dengan pertimbangan memiliki nilai historical karena pernah ada pada masa kecil Anda. Padahal fungsinya pun sudah tidak dapat lagi menjadi tempat duduk. Tempat menyimpannya dapat saja menjadi sebuah kesalahan. Jika Anda menyayangkan semua benda, maka Anda membutuhkan tempat yang lebih besar lagi untuk menjadi gudang rumah Anda.

Anda dapat mulai melakukan decluttering dengan cara ini:

1. Cukup ambil waktu 5 menit dan tentukan 20 barang yang menjadi prioritas pertama Anda. Usahakan untuk tidak memiliki banyak pertimbangan. Anda hanya perlu memastikan bahwa benda yang akan Anda tulis adalah benda yang sudah lama tidak Anda gunakan. Mengapa 20? Angka ini hanyalah minimal yang Anda inginkan untuk sebuah perubahan. Jika Anda hanya menargetkan 5-10 barang, maka tidak akan ada perubahan yang significant.

2. Berikanlah satu barang SETIAP hari. Hal ini dapat Anda lakukan dimulai dengan 10 item pada daftar Anda. Apabila tempat Anda sudah demikian penuh sesak, tidak ada salahnya untuk melakukan hal ini setiap hari selama 1 – 2 bulan penuh, bahkan lebih.

3. Cara instan lainnya, siapkan satu kantong sampah besar, buka lemari Anda, dan penuhilah kantong tersebut.

4. Layangkan pandangan Anda ke seluruh sudut ruangan, kamar, atau lemari Anda. Manakah item yang tidak pernah beranjak dari tempatnya? Manakah item yang tertutup debu? Maka itulah yang pertama kali menjadi target decluttering.

5. Terapkan tantangan 12-12-12. Temukan 12 item yang akan Anda buang, 12 item yang akan Anda donasikan, dan 12 item yang akan tetap Anda simpan. Anda dapat melibatkan seluruh isi rumah Anda dan hal ini akan menjadi hal yang menyenangkan.

6. Ubah Perspektif Anda. Menyimpan semua benda-benda belum tentu yang terbaik. Tetapi membuat suasana berbeda pada rumah Anda akan memberikan hal yang berbeda.

7. Anda dapat bermain dengan anka. Misalnya, Anda membatasi hanya akan mengunakan 10 pasang pakaian kantor dalam 2 minggu, maka cobalah untuk mengeluarkan item-item yang lain.

8. Gunakan imajinasi Anda. Pertimbangkan berapa harga barang yang akan segera akan menjadi target decluttering itu. Jika memang dalam pemikiran Anda tidak akan ada yang mau membeli mahal barang yang akan Anda singkirkan ini, maka mengapa tidak Anda singkirkan saja segera?

9. Kategorikan ke dalam 4 jenis, buang, donasikan, simpan, dan pindahkan. Setiap benda pada ruangan rumah Anda harus mendapatkan salah satu dari keepat kategori tersebut dan lakukan saja.

Hal ini tidak hanya dapat Anda lakukan di rumah, tetapi juga pada tempat kerja Anda. Mulailah melakukan decluttering pada akhir pekan esok.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : flickr – moline

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.