(Business Lounge – Lead & Follow) – Banyak orang merasa bahwa ia telah bersikap sebagai seorang pemimpin karena posisi yang dimilikinya. Memang benar, bisa jadi ia menduduki jabatan eksekutif yang tinggi, atau bisa jadi ia adalah pemilik perusahaan. Tetapi, sebenarnya jabatan eksekutif tidak selalu menandakan bahwa ia telah bersikap sebagai seorang pemimpin yang benar. Banyak orang yang menduduki jabatan tinggi, tetapi sikapnya tidak terlihat sebagai pemimpin yang benar.

Pertanyaannya kini, sebenarnya apakah ciri-ciri seorang pemimpin yang benar? Apakah ia adalah seorang yang harus menuntut target pekerjaan kepada bawahannya? Itu benar, tetapi tidak bisa pemimpin hanya menuntut tetapi tidak pernah membantu memberikan masukan. Atau, apakah seorang pemimpin itu adalah seseorang yang bisa membuat semua orang tunduk kepadanya? itu juga benar, tetapi tunduk yang dimaksud haruslah tunduk karena hormat, bukan hanya sekedar ketakutan. Jadi, sebenarnya, apakah ciri-ciri dari seorang adalah pemimpin yang benar? Ini dia ciri-cirinya :

Tahu mendefinisikan tujuan dan visi perusahaan kepada seluruh karyawan

Seorang pemimpin yang benar, harus bisa mempengaruhi karyawannya untuk bekerja sesuai dengan tujuan dan visi perusahaan. Tentunya, sebelum ia mempengaruhi karyawan untuk bekerja sesuai dengan tujuan dan visi perusahaan, ia sendiri pun harus bisa menjelaskan tujuan dan visi perusahaan dengan cara yang mudah dan aplikatif bagi dirinya sendiri dan juga karyawannya. Penjelasannya mudah saja, bisa penjelasan langsung, bisa juga secara tertulis yang mudah dimengerti dan diaplikasikan.

Mampu memberikan dukungan dan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi karyawan

Terkadang seseorang yang sudah merasa bahwa ia adalah pemimpin, menjadi suka kebablasan dalam memerintah kesana-kemari tanpa pernah memberikan dukungan atau apresiasi terhadap hal yang dikerjakan karyawannya. Seorang pemimpin yang baik, pastinya harus bisa memberikan dukungan dan menghargai karyawannya. Seperti misalnya, jika ada karyawan yang berhasil mencapai target, seorang pemimpin yang benar akan menghargainya dengan memberikan bonus atau insentif. Selain memberikan dukungan, seorang pemimpin yang benar biasanya juga sanggup memberikan solusi dan masukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi karyawan dalam pekerjaannya.

Rendah hati apabila ada hal yang tidak dimengerti

Seorang pemimpin yang benar, pastinya adalah orang yang menerima masukan. Terkadang, tidak semua hal harus dimengerti secara mendetail oleh pemimpin. Tetapi, jika ada hal yang tidak dimengerti oleh seorang pemimpin, ia harus bersedia menerima masukan dari orang lain. Seorang pemimpin yang benar, pastinya bukan orang yang tinggi hati dan tidak bisa disalahkan. Faktanya, dalam kehidupan ini, setiap orang pastinya juga membutuhkan orang lain. Karena itu, menjadi seorang pemimpin, berarti siap juga untuk bisa bekerja secara teamwork dengan yang lainnya.

Mampu mengembangkan karyawan sesuai potensi yang dimilikinya

Setiap orang, pastinya punya potensi tersendiri yang dimilikinya. Tentunya, tidak bisa semua orang disamakan, termasuk karyawan yang ada dalam perusahaan. Jadi, seorang pemimpin yang benar, tidak hanya menilai karyawan berdasarkan apa yang ia pikirkan saja. Tetapi, seorang pemimpin yang benar adalah seseorang yang bisa menggali potensi setiap karyawannya, dan mengembangkannya untuk mencapai tujuan dan visi dari perusahaan yang dipimpinnya.

Zefanya Zefanya Jodie/VMN/BLJ/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.