(Business Lounge – Travel) – Menceritakan keindahan alam Indonesia, pastinya tidak akan ada habisnya. Seperti keindahan alam yang ada di Pulau Malenge, Kepulauan Togian, Sulawesi Tengah ini, tentunya akan selalu menarik mata bagi yang melihatnya. Kali ini, saya akan menceritakan keindahan laguna yang ada di Pulau Malenge, Sulawesi Tengah.

Togian_Lagoon3

Pulau Malenge, Kepulauan Togian, Sulawesi Tengah, bisa jadi mungkin belum akrab di telinga Anda. Namun, sebenarnya banyak hal indah yang dapat dilihat di Pulau Malenge ini. Salah satunya adalah laguna yang berwarna kehijauan dan jernih. Pertama kali melihatnya, Anda pasti ingin langsung merasakan kesegaran air laguna tersebut. Memang, saya pun kagum ketika pertama kali melihat pemandangan tersebut. Bagaimana tidak, airnya yang kehijauan seperti emerald, dan juga suasananya yang jauh dari keramaian, tentunya menarik hati saya yang melihatnya.

Saya begitu terpesona melihat kejernihan airnya yang hijau. Bagaimana tidak, kapal yang ada diatasnya pun sampai terlihat bayangannya saking jernihnya laguna tersebut. Apalagi suasananya disana yang masih alami, hmm…tentunya membuat saya tak melupakan keindahannya. Laguna ini terletak di depan Lestari Cottage, yang berlokasi di Pulau Malenge, Sulawesi Tengah. Di sekitar laguna tersebut, terlihat pepohonan hijau yang subur, dan semua itu, tentunya merupakan pemandangan yang sungguh menyegarkan mata.

Togian_Lagoon2

Di laguna tersebut, Anda bisa berenang bebas sesuka hati. Airnya pun tidak terlalu dalam, sehingga Anda bisa menikmati aktivitas berenang Anda disana. Namun, apabila Anda merasa belum pandai berenang, ada baiknya tetap menggunakan pelampung. Tidak seperti air laut lepas yang terkadang bergelombang, air laguna ini sangatlah tenang, sehingga Anda akan merasa seperti berenang di kolam renang raksasa yang indah. Memang menyenangkan ketika berenang di laguna ini, hanya saja, airnya terasa sangat asin. Tetapi, itu tentu saja tidak mengurangi akan keindahan laguna yang ada di Pulau Malenge tersebut. Apalagi, di laguna tersebut Anda juga akan menjumpai ikan-ikan yang lucu. Terbayang kan senangnya, berenang di laguna yang jernih ditemani oleh ikan-ikan? Pastinya, itu akan menjadi pengalaman yang indah bagi Anda.

Togian_Lagoon1

Jika Anda tidak ingin berenang, Anda bisa memilih untuk bersantai sambil memandang akan keindahan laguna tersebut. Apalagi di siang hari, terkadang suara binatang kecil juga terdengar di telinga Anda, menambah kesan alami yang tak terlupakan dalam benak Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba naik sampan dan menyusuri laguna, sambil memandang keindahan yang ada di sekitar Anda. Tetapi, saran saya, jika Anda belum mahir dalam mengayuh sampan, ada baiknya Anda didampingi oleh penduduk setempat, karena mengayuh sampan tidak semudah yang dibayangkan, tetapi sebenarnya sangat menyenangkan jika Anda tahu bagaimana mengayuhnya dengan benar.

Togian_Lagoon4

Pengalaman saya mengunjungi laguna yang ada di Pulau Malenge, Kepulauan Togian, Sulawesi Tengah ini, memang begitu berkesan. Saya benar-benar kagum akan keindahan lagunanya, dan tentunya saya tak akan lupa pengalaman mencoba berenang disana. Kepulauan Togian memang banyak menyimpan pesona tersembunyi, dimana laguna hijau ini adalah salah satunya. Memang, saya berani katakan, menjelajahi Kepulauan Togian pastinya akan memberikan kesan yang indah dalam benak Anda.

Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL
All photos by Business Lounge Journal/Tan Yoh
Editor : Fanya Jodie

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.