(Business Lounge Journal – Management Tips) I Made Dana Tangkas selaku salah seorang Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia memahami benar bagaimana seharusnya sebuah perencanaan pengembangan bisnis dapat dibuat.

Salah satunya adalah memberikan manfaat internal dan eksternal
– Manfaat internal diberikan kepada perusahaan itu sendiri dan karyawan.
– Manfaat eksternal diberikan kepada customer dan stake holder.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan adalah:
– Haruslah mengikuti aturan regulasi yang ada di negara Indonesia.
– Bagaimana dapat memenuhi demand/permintaan dari pasar.
– Bagaimana perusahaan dapat menyiapkan kegiatan industri itu sendiri dari bahan baku, sumber daya manusia, dan teknologi.
– Bagaimana perusahaan dapat menjalankan kegiatan manufaktur/kegiatan proses yang harus dibangun sesuai berbagai aspek, yaitu safety, quality, productivity termasuk environment dan lain sebagainya.
– Teknologi yang harus dikembangkan inline dengan aturan-aturan yang ada.

Hal lainnya yang juga perlu dibangun dalam membuat perencanaan adalah:
– adanya transparansi di dalam membangun kegiatan perusahaan, bahwa semua hal yang ada di sana mempunyai faktor-faktor yang jelas apakah itu KPI prosesnya, KPI result-nya harus jelas.
– akuntabilitas dalam mengelola perusaah tersebut dengan melihat bagaimana integritas dari managemen dalam mengelola kegiatan yang ada harus dibuat lebih fair dan lebih obyektif.
– aspek-asepek di dalam GCG, bagaimana harus membuat happy semua kalangan sehingga dapat memberikan kinerja dalam kegiatan bisnis.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

Leave a Reply

Your email address will not be published.