(Business Lounge Journal – Management Tips) Hal pertama yang penting digarisbawahi menurut Warih A Tjahjono adalah bagaimana People Development merupakan kunci sukses pada setiap sektor. Sehingga menurut Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ini, top management harus memiliki komitmen untuk menjalaninya dan harus menjadi sebuah kekuatan yang harus diperhatikan. “Ini  harus menjadi komitmen dari top management. Harus menjadi kekuatan yang harus diperhatikan oleh top management, karena the man behind the gun itu sudah terbukti menjadi tulang punggung keberhasilan suatu perusahaan,” demikian Warih berujar.

Bukan hanya time management sebab pada dasarnya time management adalah hanya salah satu kunci bagaimana Sumber Daya Manusia (SDM) mengelola pekerjaannya. Warih berupaya menegaskan bahwa People Development tidak hanya berbicara tentang bekerja cepat, sebab bekerja cepat saja tidak cukup. Untuk itu diperlukan untuk memberikan keterampilan-keterampilan dan bukan sekedar teori.

“Kalau di Toyota itu disebut on the job developement. Jadi on the job development itu melihat secara langsung paktek-praktek kerja apa yang harus dilakukan. Sehingga ke depannya training atau mengembangkan SDM , tidak hanya on the desk, tetapi langsung melihat situasi lapangannya seperti apa,” demikian dicontohkan oleh warih.

“Jika kita bisa mengenal lapangannya dengan lebih baik, perkembangan-perkembangan ke depan, program-program yang akan timbul ke depan, bisa kita analisis secara lebih dalam dan lebih nyata,” demikian Warih melanjutkan.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.