Building a Solid Team – Christopher Chan Siew Choong, Presdir PT Gajah Tunggal Tbk

(Business Lounge Journal – Management Tips) Christopher Chan Siew Choong menyadari benar bahwa untuk mencapai kinerja perusahaan yang terbaik, ia membutuhkan tim yang solid, sebab dengan tim yang solid maka teamwork yang merupakan sesuatu yang terpenting dan yang dimiliki oleh tim yang solid akan sangat membantu.

Lalu bagaimanakah untuk membentuk sebuah tim? “And what does it make to be a team means, leaders or managers have to engage the staff to understand their view,” demikian Presiden direktur PT Gajah Tunggal Tbk ini berujar bahwa seorang pemimpin atau manager harus terlibat langsung dengan para karyawannya untuk dapat mengerti apa yang menjadi pandangan mereka.

Penting untuk diketahui para pemimpin bahwa mereka harus mengutamakan untuk mendengar terlebih dahulu tentang apa yang mereka katakan sebelum memberikan komentar. Mengapa? Sebab pada kenyataannya sering kali mereka adalah orang-orang yang berada di lapangan sehingga mereka lebih mengerti apa yang menjadi tantangannya dibandingkan para pemimpinnya. Penting bagi para pemimpin untuk memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengekspresikannya. Dengan demikian ada dua hal yang akan didapatkan si pemimpin:

1. Para pemimpin akan mengerti setiap tantangan yang dihadapi anak buahnya.

2. Para pemimpin akan dapat memperoleh gambaran sehingga dapat memberikan pendekatan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Selain itu dengan demikian para pemimpin dapat menyatukan anggota tim dan pemimpin tim sehingga  terciptalah sebuah tim yang solid sebab semua anggota akan menangkap dan mengerti serta memiliki visi yang sama dengan pemimpinnya.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

Leave a Reply

Your email address will not be published.