(Business Lounge – Achievement) Dalam Annual Report Awards yang baru saja diselenggarakan pekan lalu, Bank Sumselbabel meraih penghargaan pertama untuk kategori BUMD Non Listed, mengunggui Bank Jateng dan Bank Kalbar. Hal ini bukanlah tanpa upaya dan kerja keras, melainkan melalui sebuah proses transformasi yang dilakukannya.

Muhammad Adil selaku Direktur Umum PT Bank Sumselbabel memaparkan bagaimana sejak awal tahun 2014, PT Bank Sumselbar melakukan transformasi dengan melakukan konsolidasi, ekspansi, dan looking forward.

Konsolidasi

Hal pertama yang dilakukan sebagai bagian konsolidasi adalah dengan membuat pemetaan untuk mengetahui dalam hal apa bank ini telah memiliki hal-hal yang baik untuk tetap dipertahankan, sedangkan yang masih kurang kemudian diperbaiki.

Kemudian dilakukan pembenahan atas SOP yang terkait dengan Good Corporate Governance (GCG), Corporate Social Responsibility (CSR), dan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengacu pada SOP yang dimiliki bank-bank besar lainnya, yaitu juga dengan melakukan perbaikan aturan sistem yang hingga kini sudah berjalan.

Ekspansi

Sebagai Bank Pembangunan Daerah, PT Bank Sumselbabel berkomitmen untuk mendukung pembangunan daerah, mulai dari program UMKM, program percepatan, proyek jalan, memberikan percepatan proses kredit, percepatan pembuatan garis seimbang, dan sebagainya. Dampaknya maka proses-proses yang terjadi di daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung sebagian besar telah melalui Bank Sumselbabel.

Looking Forward

Untuk ke depannya, Bank Sumselbabel sebagai bank daerah tidak ingin ketinggalan, apalagi di ‘rumah sendiri’. “Harus menguasai rumah sendiri, terutama di pembangunan daerah,” demikian diucapkan Muhammad Adil kepada businesslounge.co.id – Vibiz Media Network.

Untuk saat ini PT Bank Sumselbabel juga sedang bersiap sehubungan dengan akan diselenggarakannya Asian Game pada tahun 2018 di Palembang. Berbagai persiapan sarana dan prasarana sedang berlangsung seperti pembangunan tol, jembatan, dan lainnya.

“Kami juga menyiapkan diri untuk ikut berperan aktif dalam pembanguan-pembanguan di Bank Sumatera Selatan dan Bangka Belitung,” demikian dituturkan Muhammad Adil.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.