(Business Lounge – Tech & Gadget) Teknologi drone terus berkembang. Semula drone banyak digunakan untuk keperluan militer namun saat ini drone banyak dipakai untuk berbagai keperluan. Amazon & DHL telah memanfaatkan drone untuk mengantarkan barang ke pelanggannya. Kepolisian juga telah memanfaatkan drone yaitu untuk keperluan mengontrol lalulintas dan demo. Bentuknya yang kecil dan penggunaannya yang tidak sulit telah sangat diminati oleh berbagai kalangan.

skeye-nano-drone-5

Belum lama ini TRDNlabs, sebuah perusahaan asal Belanda berhasil membuat drone dalam skala yang kecil dengan ukuran 2.2 x 2.2 cm dan berat 7 gr, drone ini diklaim sebagai drone terkecil di dunia saat ini. Jika diperhatikan maka drone tersebut terlihat seperti mainan anak-anak namun drone ini memiliki kemampuan yang mumpuni karena sanggup melakukan fungsi yang sama seperti drone lain pada umumnya plus telah dibenamkan teknologi baru yang tentunya menjadi pembeda dengan drone lainnya. TRDNlabs member nama SKEYE Pico Drone pada drone mungil ini.

SKEYE Drone

SKEYE Pico Drone dapat dengan mudah dioperasikan dengan ujung jari, bentuknya yang mungil akan sangat berguna saat diarahkan untuk bisa menjangkau tempat-tempat yang sempit. Penyimpanannya sangat compact, jika tidak digunakan maka drone dapat dimasukkan ke dalam kontrolernya sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja.

Jika Anda pemula sebagai user drone maka Anda tidak perlu kawatir, TRDNlabs telah memasang teknologi Ready to Fly (RTF) dengan tiga tingkat sensitifitas operasionalnya yakni beginner, mid-level dan headless mode. Manuver-manuver udara tentunya akan dilahap oleh drone ini termasuk di areal yang sempit. SKEYE Pico Drone sanggup melakukan hover up & down, dengan sistem penerbangan 6-Axis dan automatic gyro sensitivity akan memanjakan penggunanya dalam memegang kendali penuh terhadap drone ini. Dengan kemampuan yang canggih ini tidak diragukan lagi bahwa SKEYE Pico Drone bukan drone biasa, dengan sedikit berlatih akan membuat Anda dapat mengendalikan drone mungil ini dengan leluasa dalam melakukan berbagai manuver udara.

SKEYE Pico Drone beroperasi pada frekuensi 2.4 GHz dan memiliki 4 channel sedangkan untuk tenaga, TRDNlabs telah membenamkan baterai 3.7V 80 mAh. Dilihat dari baterai yang digunakan tentunya kita dapat memperkirakan bahwa ketahanan terbang di udara dari drone ini tidak lama, diperkirakan SKEYE Pico Drone dapat bertahan di udara selama 7-8 menit saja. Untuk kontroler, tenaganya berasal dari baterai AAA dan kontrolernya akan sanggup mengontrol sampai dengan 50 meter. LED juga telah dibenamkan untuk memudahkan control pada keadaan gelap. Apakah anda berminat? Harganya cukup terjangkau, yakni USD 49 saja.

Ferdie Raff/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.