(Business Lounge – Inspiring) Riana Bismarak, founder BelowCepek.com memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur pada sekitar 4 tahun yang lalu. Dengan sebuah tekad yang bulat maka ia pun membangun bisnisnya serta menjalankannya hingga kini. Ada 4 hal yang dibagikan kepada businesslounge.co.id – Vibiz Media Network tentang bagaimana ia memulai bisnisnya yang dapat Anda terapkan apabila Anda sedang mencoba untuk membangun sebuah bisnis.

1. Mulai dari apa yang Anda suka dan apa yang Anda mahir.
Anda dapat membuat sebuah daftar mengenai apa yang disukai dan identifikasilah mana di antaranya yang memiliki kategori ‘mahir’ untuk Anda kerjakan. Mengapa perlu mempertimbangkan kemahiran? Sebab jika Anda hanya menyukai namun tidak mahir maka hal itu tidak akan membawa Anda menjadi seorang entrepreneur, melainkan seorang investor.

2. Dream Big
Jika Anda sudah mengetahui bisnis apa yang akan Anda kerjakan maka mulailah untuk memiliki perencanaan yang lebih besar. Mimpikanlah itu, sebagaimana Riana Bismarak memimpikan bagaimana perusahaan yang saat ini sedang dikerjakannya kelak akan sebesar Uniqlo atau H&M, atau perusahaan fashion dunia lainnya.

3. Starts Small
Bagi Riana sering kali para pemula bisnis melakukan kesalahan dengan menginvestasikan dananya pada gedung toko, menyewa kantor dengan cukup mahal, menyewa 
Personal Assistance dan beberapa keperluan lainnya yang sebenarnya bukanlah kebutuhan yang utama pada saat mengawali bisnis. Padahal dana yang dimilikinya terbatas. 

Jika Anda sedang merencanakan memulai sebuah bisnis dengan kondisi keuangan yang terbatas maka mulailah dengan apa yang Anda punya. Mungkin dengan demikian Anda akan menegrjakan banyak hal seorang diri, namun jangan kuatir, sebab hal ini akan menjadikan Anda semakin pintar pada bidang yang memang sedang Anda tekuni. Sehingga ketika di kemudian hari Anda memiliki anak buah, Anda tahu persis mengajarinya bagaimana melakukan pekerjaan tersebut.

4. Act Now
Banyak dari mereka yang Riana temui merasa ragu untuk langsung memulai bisnisnya dengan alasan menunggu modal. Padahal bisnis yang akan dijalaninya masih berupa bisnis sedehana misalnya menjual kue. Dengan
simple Riana memberikan solusi jika memang sudah memiliki peralatan membuat kue maka langsung saja action dengan membuat satu loyang kue dan segera menjualnya. Demikian juga dengan Anda, beranilah untuk bertindak memulai bisnis Anda dengan seberapa modal yang Anda miliki.

Kemudian cobalah untuk menganalisa apakah Anda suka berjualan, apakah Anda siap untuk mendapatkan kritikan. Penting untuk mencermati bahwa seorang entrepreneur adalah sales dari usahanya dan wajah dari perusahaannya. Sehingga penting bagi Anda untuk merasa confidence atas produk yang Anda jual.

Dari keempat tips di atas maka kiranya Anda dapat segera melangkah untuk memulai bisnis Anda dan semakin mantap menapaki jalan Anda sebagai seorang entrepreneur.

Selamat datang di dunia entrepreneur.

Ruth Berliana/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana

Related Posts