(Business Lounge – Do You Know?) Menarik sekali untuk memperhatikan jellyfish atau ubur-ubur karena bentuknya yang unik. Binatang laut ini termasuk dalam kelas Scyphozoa dengan tubuh berbentuk payung berumbai, dapat mengakibatkan rasa gatal pada kulit apabila tersentuh. Hewan ini memiliki rongga pada tubuhnya yang disebut gastrovaskuler. Hewan yang termasuk dalam kelompok invertebrata(tak bertulang belakang) ini tercatat memiliki 1.800 jenis.

Jenis ubur-ubur dari kelompok Cubozoa dengan jenis Irukandji merupakan jenis yang paling berbahaya bahkan sengatannya dapat menyebabkan kematian. Ubur-ubur ini hidup di sekitar pantai Australia.

Ada beberapa hal yang menarik untuk diketahui dari ubur-ubur.
– Ada jenis ubur-ubur yang lebih besar dari manusia namun ada juga ubur-ubur yang lebih kecil dari kepala peniti.
– Orang di beberapa negara makan ubur-ubur.
– Ubur-ubur telah ada di Bumi selama jutaan tahun, bahkan sebelum dinosaurus.
– Ubur-ubur tidak memiliki otak tetapi beberapa jenis memiliki beberapa mata.
– Ubur-ubur terutama terdiri dari air dan protein.

Apa itu ubur-ubur?
Ubur-ubur kata adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan binatang yang seperti agar-agar atau terdiri dari bahan ‘seperti jelly. Ada berbagai jenis ubur-ubur, termasuk jenis menyengat disebut jenis medusa dan tidak menyengat disebut jeli sisir atau ctenophore. Tipe lain dari hewan jelly yang disebut salp adalah bahkan dalam kelompok yang sama sebagai manusia.

Apa itu bloom (mekar)?
Ketika sejumlah besar tanaman atau hewan muncul tiba-tiba, para ilmuwan menyebutnya sebagai ‘bloom‘. Di beberapa daerah di dunia, jutaan ubur-ubur bisa berkerumun bersama-sama, dan bloom ini menimbulkan masalah bagi perikanan dan pariwisata. Jika Anda sudah berada di pantai atau di atas perahu di beberapa titik ketika tampaknya seperti ubur-ubur berada di mana-mana, maka mungkin Anda bahkan melihat apa yang disebut dengan bloom.

Bagaimana terjadinya bloom pada ubur-ubur?
Ubur-ubur adalah plankton (dari kata planktos Yunani, yang berarti mengembara atau melayang) dan bukan perenang yang kuat, sehingga mereka bergantung kepada arus laut. Bloom sering kali terjadi ketika dua arus bertemu dan apabila ada angin darat maka ribuan ubur-ubur dapat terdampar.

Berapa lama ubur-ubur hidup?
Kebanyakan ubur-ubur hidup kurang dari satu tahun, dan beberapa beberapa yang terkecil dapat hidup hanya beberapa hari. Setiap spesies memiliki siklus hidup alami dengan bentuk ubur-ubur yang merupakan hanya bagian dari siklus hidup. Tahap paling dikenal adalah tahap medusa, ketika jelly biasanya berenang di sekitar dan memiliki tentakel menggantung ke bawah. Medusa jantan dan bentina mereproduksi dan membentuk ribuan larva yang sangat kecil yang disebut planulae. Larva kemudian menetap di bagian bawah laut di batu dan cangkang tiram dan membentuk polip kecil yang terlihat seperti anemon laut kecil. Setiap polip akan menghasilkan banyak bayi ubur-ubur yang disebut ephyrae yang tumbuh sangat cepat menjadi medusa dewasa. Beberapa ilmuwan percaya bahwa ubur-ubur telah meningkat karena pembangunan pesisir membantu menyediakan habitat yang lebih bawah air untuk polip ubur-ubur tumbuh.

Untuk apa ubur-ubur menyengat?
Beberapa ubur-ubur memiliki jutaan sel penyengat yang sangat kecil di tentakel mereka yang disebut nematocysts. Sel-sel ini digunakan untuk menangkap makanan dengan menyuntikkan racun ke dalam mangsa. Ketika manusia disengat maka akan merasa sakit karena toksin melewati kulit manusia tersebut.

Apa yang mereka makan?
Ubur-ubur makan berbagai jenis, seperti tanaman kecil (fitoplankton), copepoda (zooplankton krustasea), telur ikan dan ikan kecil yang disebut larva lainnya; mereka juga makan telur planktonik dan larva dari berbagai jenis hewan laut. Beberapa ubur-ubur bahkan makan ubur-ubur lainnya! Ketika bentuk ubur-ubur mekar mereka makan hampir semuanya di dalam air dan ini dapat menyebabkan masalah bagi perikanan karena tidak ada makanan yang tersisa yang dapat dimakan ikan.

Apakah ada hal-hal baik tentang ubur-ubur?
Ya, ubur-ubur adalah hewan yang sangat penting di laut sebab ubur-ubur merupakan makanan untuk sejumlah hewan laut seperti ikan besar dan kura-kura, bahkan manusia. Ubur-ubur juga menyediakan habitat bagi banyak ikan remaja di daerah di mana ada banyak tempat untuk bersembunyi. Mereka juga dapat melindungi ikan kecil dari mangsa predator dengan sel menyengat mereka. Juga, banyak kepiting muda menumpang di atas ubur-ubur sehingga mereka tidak harus berenang.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: wikipedia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.