The Gentlemen’s Armory Part 2: A Guide for the Occasions

Cover_Gent-Armory_Part2

(Business Lounge – Special Report)

HOW TO DRESS FOR THE OCCASIONS?

Formal

Untuk black tie event seperti formal gala dinner, wedding, atau situasi apapun yang mengharuskan Anda untuk berbusana formal, Tuxedo atau ‘dinner jacket’ adalah pilihan busana yang paling cocok untuk acara resmi dan wajib untuk Anda miliki. Classic tuxedo terdiri dari setelan jas hitam dengan model lapel peaked (lebar) atau shawl collar, kemeja putih dengan dasi kupu­-kupu hitam dan sepatu black patent leather oxford. Selain tuxedo, untuk acara formal Anda juga dapat menggunakan setelan jas berwarna lain seperti hitam, abu-­abu, atau biru gelap, yang dipadukan dengan dasi berwarna polos, sesuai mood Anda atau tema acara.

formal

 Business Suit

Dress to impress’ atau ‘first impression is the last impression’ adalah pernyataan yang sangat kritikal bagi mereka yang bekerja di dunia korporat sebab etika berpakaian menjadi sangatlah penting dan menentukan kesuksesan atau kegagalan karir Anda.

Aturan berpakaian simple untuk hari penting Anda:

  • Basic Pinstripe atau chalkstripe suit akan memperlihatkan dan mengatakan bahwa Anda siap untuk berbisnis.
  • Warna setelan jas/suit seperti abu-­abu, biru gelap, atau hitam juga busana formal dress yang cocok untuk segala situasi seperti business meeting atau interview kerja.

business

Business Casual

Bila pekerjaan Anda bergerak di bidang kreatif atau ingin berbusana rapi di kantor tetapi tidak berkesan terlalu formal, cobalah untuk mix and match outfit Anda dengan cotton trousers, kemeja, dan blazer. Seperti yang diilustrasikan, perpaduan warna celana navy polos dengan kemeja putih dan blazer berwarna beige or cream memberikan kontras dan kesan rapi tapi tetap kasual. Kemudian untuk melengkapi outfit, bisa dikombinasikan dengan aksesoris seperti dasi yang bermotif atau berwarna. Hindarilah Jeans, celana trainer/sport, dan kaos. Untuk permulaan cobalah perpaduan warna-­warna yang aman atau sesuaikan dengan etika berbusana di tempat Anda bekerja. Tentunya Anda dapat bebas mengekspresikan personality dan selera individu jika itu memungkinkan. Intinya pilihlah busana yang membuat and ‘looks and feel great’.

bizcas

Casual Outfit

Banyak miskonsepsi tentang blazer yang katanya hanya cocok digunakan untuk di kantor atau acara formal. Blazer seperti yang kita ketahui memang memberi kesan rapi dan formal tetapi penggunaannya tidak terbatas untuk formal saja. Casual blazer mempunyai karakter dan struktur yang berbeda dengan formal blazer. Perbedaan utama adalah dari segi warna dan bahan seperti linen atau cotton dengan struktur yang ringan dan natural tanpa padding di bahu. Karakter inilah yang membuat casual blazer lebih nyaman dipakai dan di saat yang sama ‘smarten up your look’ tanpa membuat kesan anda menghadiri interview kerja.

casual

Inigo A/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana

Artikel ini hasil kerjasama dengan Archie Jakarta, www.archiestore.com