(Business Lounge – Dominate the Market) Begitu banyak platform media sosial yang beredar pada saat ini, manakah yang akan Anda pilih untuk mempromosikan bisnis Anda? Ada facebook, twitter, google +,  linkedln dan seterusnya. Anda tidak perlu menggunakan semua media sosial ini, karena semuanya membutuhkan waktu untuk mengerjakannya. Jadi saran saya adalah pilihlah satu atau beberapa, yang cocok bagi bisnis Anda.

Bagaimana memilihnya? Ikutilah step di bawah ini:

1. Cek apa kebutuhan bisnis Anda

Begitu banyaknya media sosial yang beredar, membuat Anda kesulitan untuk memutuskan manakah yang akan Anda pakai untuk bisnis Anda. Merencanakan untuk menggunakan semuanya bukanlah strategi yang baik, yang terpenting adalah pilihlah platform yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Pertimbangkanlah beberapa faktor di bawah ini:

– Demografi.
pilihlah media sosial yang demografinya cocok dengan customer yang Anda targetkan.

– Pesan.
Tentukan kedalaman pesan dan frekuensi pesan yang Anda ingin sampaikan

– Jenis konten.
Putuskan apakah Anda ingin mengirimkan teks, gambar atau video.

– Iklan.
Jika Anda hendak berinvestasi melalui iklan di media sosial, pertimbangkan beberapa platform yang memberikan layanan yang lebih baik dibandingkan yang lainnya.

2. Identifikasi tujuan dari media sosial anda

Setelah Anda mengetahui jenis media sosial yang sesuai dengan model bisnis Anda, pertimbangkan tujuan bisnis Anda. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sosial media, akan tetapi jika manfaat itu tidak sejalan dengan tujuan Anda, Anda mungkin akan kehilangan banyak kesempatan penting.

Untuk membantu anda, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini:

– Apakah yang hendak anda jangkau melalui media sosial anda, pelanggan yang sudah ada saat ini atau pelanggan baru?

–  Apakah anda hendak memposting banyak visual konten seperti foto, infografis, video atau iklan?

– Apakah anda mencari media sosial yang memungkinkan anda untuk berinteraksi dengan partner bisnis atau organisasi lainnya?

– Apakah yang hendak anda jangkau adalah pengguna yang banyak atau pada pengguna yang lebih spesifik?

– Apa jenis pesan yang ingin anda sampaikan?

3. Pilihlah sosial media yang tepat untuk anda

Setelah anda melakukan kedua langkah di atas, sekarang pilihlah sosial media yang tepat bagi anda.

– Facebook
Facebook memiliki pengguna terbanyak, jauh di atas sosial media lainnya, jadi jika anda hendak menjangkau jaringan seluas mungkin, pilihlah Facebook. Dalam hal pilihan jenis konten yang dapat anda posting, facebook adalah yang paling fleksibel. Facebook bisa anda gunakan untuk kampaye iklan.

– Twitter
Pilihlah twitter, jika target customer yang hendak anda jangkau adalah anak muda, baik itu pria maupun wanita. Kebanyakan para pengguna twitter adalah para pecandu informasi dan itu bisa terdiri dari berbagai jenis informasi, seperti teknologi, berita, olah raga, marketing, dan sebagainya. Seperti facebook, twitter juga dapat digunakan untuk kampaye iklan.

– Google +
Google + adalah jaringan sosial media yang memungkinkan anda melakukan diskusi. Keuntungan menggunakan google + adalah basis penggunanya yang sangat besar dengan kompetisi yang sangat rendah.

– Pinterest
Pinterest tepat jika anda berada dalam industri yang sangat visual dengan pelanggan yang secara alami berusaha mengekspresikan diri melalui gambar. Jika target pasar anda adalah wanita, pinterest dapat menjadi pilihan mengingat popularitasnya di kalangan wanita. Berikan informasi dan inspirasi mereka melalui pinterest, maka anda akan menciptakan sebuah keterlibatan yang real.

– Instagram
Sama seperti Pinterest, instagram adalah pilihan yang tepat jika konten yang ingin anda bagikan adalah konten visual seperti foto atau grafik. Sosial media ini popular di kalangan anak muda, khususnya kalangan urban. Mengkombinasikan instagram bersama dengan facebook atau twitter, bisa menjadi salah satu strategi yang baik.

– Youtube
Jika perusahaan Anda dapat menyediakan sebuah video pendek yang menarik, youtube bisa menjadi pilihan anda.

– Linkedln
Jika anda bergerak di industri yang dapat memberikan insight yang berguna mengenai pekerjaan, atau anda sedang menjalin hubungan bisnis, atau anda sedang mencari pekerjaan baru, pilihlah Linkedln. Pengguna linkedln didominasi oleh mereka yang bergaji tinggi dan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.

Rebecca HayatiRebecca Hayati/Managing Partner E-Commerce/VMN/BL

Leave a Reply

Your email address will not be published.