Trending Wise Man Says 2014

(Business Lounge – Wise Man Says) Salah satu yang selalu ditunggu-tunggu para pembaca businesslounge.co, Vibiz Media Network adalah video Wise Man Says yang selalu berisikan interview singkat para tokoh-tokoh penting yang mengutarakan pendapatnya tentang management words yang  businesslounge.co, Vibiz Media Network lontarkan.

Berikut adalah 5 video dengan viewer terbanyak:

1. Leading by Example, Ignasius Jonan, Presiden Direktur PT Kereta Api Indonesia (KAI)

“Kalau Anda minta anah buah Anda lari 100 meter, maka Anda juga harus mau dan harus bisa lari 100 meter,” demikianlah Ignasius Jonan, mantan Presiden Direktur PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang saat ini menjabat sebagai menteri perhubungan RI memberikan contoh dari seorang pemimpin yang memimpin dengan memberikan contoh.

2. Visionary Leadership, Chairul Tanjung, Chairman PT CT Corpora 

“Untuk menjadi pemimpin yang baik di Indonesia, pertama harus memiliki visi yang besar dan berjangka waktu yang panjang,” demikian diungkapkan oleh Chairul Tanjung, Chairman PT CT Corpora kepada businesslounge.co, Vibiz Media Network. “Istilahnya bold vision, punya visi yang utuh, di samping itu hal kedua yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin adalah harus memiliki integritas.” Sedangkan yang ketiga adalah kreatif dan inovatif. Terakhir menyadari bahwa apa yang dilakukannya adalah untuk kepentingan banyak orang bukan untuk kepentingan diri sendiri.

3. G.T Soerbakti, Dirut PT Eka Sari Lorena Transport Tbk : Memimpin dengan Tegas dan Komunikatif 

Gusti Terkelin Soerbakti menuturkan awal mula ia memulai bisnis jasa transportasi yang saat ini dimilikinya. Dia memulainya dengan hanya dua unit bis Mercedez Benz dan route pendek yaitu Bogor – Jakarta. Prinsipnya dalam memimpin perusahaan adalah mengutamakan rasa kekeluargaan dan kebersamaan bersama para kru. Dia pun mengatakan, “Perusahaan ini seperti sawah kita bersama, mari kita rawat bersama, mari kita pelihara bersama, supaya hasil panennya mari kita nikmati bersama…..”

Baginya sebagai seorang pemimpin adalah penting untuk memimpin dengan tegas tetapi komunikatif. Baik dengan bawahan, dengan atasan, dengan manager dan staff. Secara periodik dia akan lakukan ceramah-ceramah atau seperti sarasehan. Dengan adanya komunikasi yang baik, tidak akan ada salah pengertian.

4. Dapat Berdiam Diri adalah Kemewahan, Parwati Surjaudaja, Presdir PT Bank OCBC NISP Tbk 

Parwati Surjaudaja membagikan sisi lain dari kehidupannya sebagai seorang pemimpin. Baginya seorang pemimpin haruslah mau mendengar, mau bertanya, dan harus menjadi panutan. Parwati pun menuturkan gaya manajemennya yang lebih banyak mendengar dan terbuka. 

5. Willy Suwandi Dharma, Dirut Adira Finance : Banyak Komunikasi dan Banyak Mendengar 

Bagi Willy Suwandi Dharma seorang pemimpin harus dapat membangun komunikasi yang efektif terhadap para anggotanya yaitu dengan lebih banyak turun ke bawah untuk menyerap aspirasi dari teman-teman di bawah. “Dengan turun ke bawah maka mereka merasa diperhatikan. Di sisi lain, kita harus lebih banyak mendengar dari yang di bawah karena mereka yang melakukan operasional lebih tahu dibandingkan dengan kita yang lebih sering di belakang meja,”demikian diungkapkan Willi.

 Dari kelima video di atas maka dapat kita lihat bahwa ternyata banyak viewer yang tertarik dengan prinsip-prinsip kepemimpinan yang businesslounge.co tawarkan. Karena itu nantikan video-video kepemimpinan berikutnya pada tahun 2015.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana