(Business Lounge – Business Ideas) Tjahja Tjugiarto memandang industri pelayaran Indonesia dengan sangat optimis. Menurutnya, mengembangkan bisnis pelayaran ini bukan hanya masalah memiliki dana tetapi diperlukan adanya kerja sama untuk mendapatkan keuntungan yang lebih lagi. Tentu saja di samping pentingnya menata Anak Buah Kapal (ABK) yang menempati posisi yang pertama.

Presiden Direktur PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk ini melukiskan bahwa Indonesia memiliki keuntungan-keuntungan seperti luasnya wilayah maritim, sisi pantai yang terpanjang di dunia, serta negara kepulauan dengan ribuan pulau. Semua faktor tersebut akan menjadikan industri pelayaran menjadi primadona di Indonesia pada tahun-tahun mendatang. Apalagi adanya asas sabotase yang diberlakukan di Indonesia sehingga kapal asing tidak bisa mengambil bagian dalam bisnis angkutan laut yang semakin menambah keuntungan usaha pelayaran kita.

Tjahja memandang sangat positif industri pelayaran ini apalagi dengan adanya penggunaan kapal untuk minyak yang pengeborannya dilakukan di tengah laut. Untuk mengangkutnya jelas membutuhkan kapal yang canggih, dengan jumlah yang cukup banyak dan modal yang cukup besar. “Sehingga saya yakin bahwa perusahaan pelayaran di masa datang akan prosper,” demikian Tjaja menutup perbincangan dengan businesslounge.co Vibiz Media Network.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.