(BusinessLounge – Weekly Special Report)  Waktu terus bergerak, demikian juga perubahan terus terjadi pada ekonomi Indonesia. Berawal dari ekonomi era kemerdekaan yang masih carut-marut, perlu sebuah pondasi bagi berdirinya sebuah bangunan.

Siapakah tokoh-tokoh yang meletakkan pondasi ekonomi Indonesia ?

Prof. Ali Wardhana seorang arsitek ekonomi Indonesia telah memberikan sumbangsihnya bagi bangsa ini, tentunya bukan hasil karya seorang diri, bersama Prof. Widjojo Nitisastro, Emil Salim, JB Sumarlin, Soebroto, Moh Sadli telah meletakkan pondasi untuk pembangunan ekonomi Indonesia.

Prof. Ali Wardhana sebagai menteri keuangan pada masa Orde Baru selama 15 tahun serta sebagai Menko Ekuin selama 5 tahun selanjutnya. Pada kancah Internasional, nama-nama ekonom Indonesia dikenal karena peran Professor Ali Wardhana memimpin Board of Governors Bank Dunia dan IMF pada tahun 1971 hingga 1972.

Professor Ali Wardhana dianugerahi penghargaan Wirakarya Adhitama yang berarti pahlawan dengan hasil karya yang gemilang, tinggi dan utama. Ia berharap generasi baru bisa mempertimbangkan pembangunan Negara ini dari segi ilmiahnya.

Ali_EDIT2

Harapan Pada Generasi Baru

“Semoga generasi baru bisa mempertimbangkan pembangunan Negara ini dari segi ilmiah juga. Oleh karena pada waktu saya menjabat sebagai Menteri Keuangan, saya banyak mempergunakan ahli-ahli ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan itu sebenarnya yang menjadi kekuatan untuk bangsa kita dapat membangun Negara ini dengan baik dan sempurna.” (Prof. Ali Wardhana)

BannerBL-ApaKataMereka

BannerBL-Biografi

BannerBL-Achievment

BannerBL-MafiaBerkeley

ruth_revisiRuth Berliana
Editor Vibiz Media Network – Business Lounge

3 Responses

  1. ignas iryanto

    menyebut tokoh peletak dasar ekonomi indonesia tidak cukup hanya dengan menyebut pak ali wardana, pak sadli, pak subroto dan pak emil salim tanpa menyebut pak sumitro dan pak frans seda. negeri ini sering tidak jujur pada sejarahnya sendiri…sayang…sayang sekali……

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.