Ali Wardhana di Mata Rekan-rekannya

Arwin_EDIT

Landasan dan Referensi Pembangunan

“Saya rasa Beliau itu adalah pelopor yang memberikan kontribusi terhadap landasan ekonomi Indonesia pada tahun 70-an yang menjadi referensi bagi pembangunan Indonesia seterusnya.”

Dorodjatun_EDIT

Efektif Memanfaatkan Oil Boom

“Beliau menghadapi suatu periode yang luar biasa yaitu ketika kita mendapatkan kesempatan menikmati harga minyak bumi yang naik sekali karena OPEC dan dua kali oil boom. Itu saya kira, tanpa kelompok Pak Ali Wardhana dan Pak Ali Wardhana itu sendiri, tidak akan dipergunakan dengan baik. Hasilnya menurut saya misalnya program KB yang berjalan, tercapainya swasembada pangan, dan banyak lagi program-program seperti program kecamatan dan program lainya yang bisa dijalankan.”

Emirsyah_EDIT

Arsitektur Ekonomi

“Awal-awal salah satu arsitekturnya itu beliau. Dan tentunya dengan pasang surut perekonomian dunia yang memang ada cyclenya, tetapi pondasi dasar arsitekturnya itu beliau. Itu kita rasakan semua sekarang.”

Marzuki_EDIT

Reformasi Pajak

“Salah satu kontribusi besar Pak Ali Wardhana yaitu beliaulah yang menginisiatifkan untuk Tax Reformasi. Saya masih ingat tahun 78, beliau mengatakan, Marzuki, kita tidak bisa bergantung kepada perkembangan minyak. Kenapa? 1. Kita tidak menguasai harga minyak. 2. Kita tidak tahu berapa yang dari bawah. Coba ngomong sama temen kita dari Harvard, dia sudah berhasil memimpin reformasi perpajakan di Bolivia. Akhirnya dibentuk tim itu. Pak Ali ketua dan saya sekretaris. Kemudian kita bekerja dari tahun 78 sampai tahun 83.  Jadi pajak yang semrawut itu kita bikin sederhana. Ada pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak bumi dan bangunan dan sebagainya. Juga ada undang-undang mengenai rule dan prosedur. Jadi itu adalah karya Pak Ali. Ia yang punya ide. Jadi kita berhutang banyak kepada dia. Itulah yang kita warisi. Dan kemudian juga, kita mengadakan (istilah universitasnya) liberalisasi sektor keuangan. Jadi kita bikin RUU Perbankan, RUU Bank Indonesia, RUU Dana Pensiun, RUU mengenai asuransi dan lain sebagainya. Itu juga adalah inisiatif datang dari Pak Ali.”

Emil-Salim_EDIT

Rehabilitasi dan Strukturisasi Ekonomi

“Beliau merupakan bagian di dalam tim Berkeley Mafia dan beliau bertanggung jawab urusan moneter. Jadi kalau Broto soal tenaga kerja dan transmigrasi, pak Wijoyo makro, saya di penanaman modal asing, maka Ali moneter. Jadi kesana sumbangan utama beliau dari sejak rehabilitasi sampai stabilisasi ekonomi.”

Mirza_EDIT

Banyak Terobosan

“Di dalam kabinet, Pak Ali Wardhana memberikan banyak terobosan. Bagaimana mengundang modal asing, bagaimana melakukan deregulasi, apakah itu deregulasi sektor riil, dan juga termasuk deregulasi di sektor keuangan. Dan bahkan setelah beliau pensiun beliau juga masih ikut mengawal rancangan program dan eksekusi pembangunan Indonesia.”

Muliaman-EDIT

Perpaduan Ilmu dan Aplikasi

“Banyak kontribusi yang sudah diberikan dan saya kira betul-betul sangat mengilhami terutama perpaduan sisi keilmuan yang kemudian ditest dengan aplikasi di dunia birokrasi dan dari sana kemudian diambil kebijakan-kebijakan yang belum tentu sejalan dengan teori ekonomi. Dan perpaduan ini yang saya kira kemudian menarik untuk diikuti.”

Chatib-Basrii_EDIT

Menurunkan Inflasi dan Reformasi Birokrasi

“Ada beberapa hal significant yang beliau buat, yang pertama adalah menurunkan inflasi dari 650% menjadi 20%. Kemudian keberhasilan beliau juga menggalang sumber pembiayaan melalui pajak, kemudian juga deregulasi ekonomi dan beberapa kebijakan yang berkaitan dengan nilai tukar yang membuat Indonesia menjadi lebih kompetititf. Disamping itu juga saya kira reformasi birokrasi yang pertama di Indonesia itu dilakukan Pak Ali Wardhana tahun 71 dengan bea cukai.”

Ali_EDIT2

Harapan Pada Generasi Baru

Back to Prof. Dr. Ali Wardhana – Arsitek Ekonomi Indonesia

Ali_EDIT

ruth_revisi

 Ruth Berliana

 Editor Vibiz Media Network – Business Lounge

18 Responses

  1. Vincente Lim

    Pal Ali Wardhana, sosok pemimpin yang bertindak nyata dan menguasai permasalahan, kita butuh pemimpin2 demikian di Indonesia

    Reply
  2. vita

    Luar biasa dan kagum kepada Bp. Ali Wardana…sungguh karya dan reformasinya membawa perubahan dan kemajuan bangsa Indonesia..Mari generasi muda lanjutkan perubahan menuju kebangunan bangsa ini yang lebih baik….

    Reply
  3. jovan

    terobosan yang dilakukan bapak Ali Wardhana sangat berdampak positif dan membawa kemajuan bagi bangsa … very inspiring

    Reply
  4. samantha

    Pemikiran beliau sangat luar biasa tentang pentingnya pembangunan Negara dari segi ilmiah juga. Harus dilanjutkan oleh generasi muda

    Reply
  5. yanti

    seorang yang hebat, yang telah memberikan banyak terobosan sebagai arsitek ekonomi bangsa ini

    Reply
  6. Tara

    Indonesia sangat beruntung memiliki Pak Ali Wardhana. Semoga saat-saat ini akan bangkit tokoh-tokoh seperti beliau

    Reply
  7. lala

    kita harapkan generasi ini bisa seperti Pak Ali yang membuat perubahan luar biasa atas bangsa ini

    Reply
  8. Ganda

    Salut untuk Pak Ali Wardhana, berhasil membawa kemajuan bagi bangsa ini

    Reply
  9. mey

    bangsa Indonesia berhutang budi sama beliau-beliau ini, krn itu generasi peneruslah yg bertanggung jawab mengembangkannya dan mengawalnya dari pihak-pihak yg hendak memberikan kontribusi negatif

    Reply
  10. nadya

    Tokoh yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan banyak aspek dalam perekonomian bangsa kita. Semoga semua sumbangsih, karya dan hasil yang sudah diberikan dapat diteruskan oleh angkatan yang baru.

    Reply
  11. yong

    Bangsa kirta perlu perubahan kita butuh sosok seperti pak Ali

    Reply
  12. yong

    Bangsa kita perlu perubahan kita butuh sosok seperti pak Ali

    Reply
  13. Jed

    Luarbiasa perubahan yang terjadi di masa Pak Ali Wardhana.. terimakasih Pak Ali

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.