Dua raksasa dunia teknologi Apple dan Google, yang berseteru dalam ranah hukum sejak empat tahun silam, akhirnya mengumumkan bahwa mereka  menarik semua tuntutan yang selama ini masih menggantung di pengadilan.

Selama bertahun-tahun Apple dan Google terlibat dalam tuntutan hukum terkait perang paten smartphone ketika Motorola masih menjadi anak perusahaan Google. Kasus ini bermula, ketika Apple pertama kali digugat oleh Motorola pada tahun 2010 atas dugaan pelanggaran paten teknologi smartphone.

Jumat (16/05) lalu, keduanya sepakat membuat perjanjian damai guna menyelesaikan tuntutan hukum yang ada. Menurut penyataan bersama yang dikeluarkan, perusahaan tidak hanya setuju untuk mengabaikan tuntutan hukum yang sedang berlangsung, tetapi juga berjanji untuk bekerja sama dalam mereformasi paten.

Sebagai hasil dari perjanjian tersebut, Apple dan Google memberitahu pengadilan banding di Washington bahwa semua kasus yang tertunda dan berkelanjutan harus dihentikan. Kedua perusahaan telah menandatangani pengajuan penghentian kasus tersebut.

Langkah damai yang diambil Apple dan Google tidak termasuk dengan perjanjian lisensi silang antar perusahaan, jelas ini sangat mengejutkan mengingat kedua perusahaan bersaing ketat dengan sistem operasi milik mereka iOS dan Android.  Namun, jika di masa yang akan datang perusahaan pembuat smartphone Android seperti Samsung dan perusahaan lain melakukan pelanggaran, maka Apple akan tetap bisa mengajukan tuntutan hukum.

Yusnia/Journalist/VM/VBN-appleinsider
Editor: Evi Fog
pic: flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published.