(Business Lounge – Marketing) – Kalau saat ini Anda ingin menjadi terkenal, mungkin youtube bisa jadi salah satu solusinya. Tapi jangan salah, ada banyak faktor lho yang bisa membuat Anda menjadi terkenal. Bisa karena prestasi, karena tampilan yang menarik, tapi bisa juga karena faktor lainnya, seperti karena begitu banyak haters yang penasaran dengan tampilan tersebut. Nah, bagaimana pendapat Anda mengenai 2 video ini?

1. Charlie Bit My Finger And It Hurts

Siapa sangka, kelucuan kakak dan adik ini justru menghebohkan para pengguna internet. Entah kebetulan atau alasan apapun, orangtua dari Harry dan Charlie memasukkan video lucu kedua anak mereka di youtube, yang memperlihatkan bagaimana sang adik beberapa kali menggigit jari kakaknya dan juga disertai ekspresi lucu kedua anak tersebut. Dan hebatnya, video tersebut sampai saat ini mencapai diatas 600 juta hits! Selain itu, video tersebut juga mendapatkan sekitar 1 jutaan likes dari para viewers di youtube. Suatu rekor yang fantastis, bukan? Tentu saja kepopuleran kedua bocah ini berdampak positif, dan mereka kini punya blog pribadi, yaitu http://harryandcharlie.blogspot.com yang membuat mereka akhirnya bisa dapat rumah baru. Wow, kelucuan anak-anak ternyata bisa berdampak sampai dapat rumah baru lho. Efek sosial media? Yes for sure !

2. Rebecca Black – Friday

Kalau mengenai video youtube Rebecca Black, bisa dikatakan agak “beda”. Mengapa? Karena sepertinya video ini ngetop dengan begitu banyak dislike dari para viewers di youtube. Rebecca Black, penyanyi pop dan juga penari asal Amerika ini memang menjadi ngetop setelah single “Friday” yang diluncurkan tahun 2011 ini menarik perhatian banyak pihak. Bahkan, videonya di youtube hitsnya mencapai 63 jutaan ! Ya, bisa dikatakan merupakan suatu jumlah yang sangat besar. Akan tetapi, kalau video Harry dan Charlie mendapatkan 1 jutaan likes dari viewers, video Rebecca Black justru sebaliknya, mendapatkan 1 jutaan dislike dari viewers, dan dislike dari video ini lebih banyak daripada like yang diperolehnya. Memang, bisa dikatakan lagu “Friday” ini banyak dibenci oleh para viewers, terlihat dari komentar pedas yang ada di youtube tersebut. Namun, bisa dikatakan dengan banyaknya haters tersebut, nama Rebecca Black malah ngetop di sosial media.

Sosial media memang bisa meningkatkan pemasaran, terutama promosi. Akan tetapi, kita memang harus melihat, dari sisi mana orang akan tertarik pada promosi kita melalui sosial media. Apakah karena promosi tersebut menarik, lucu, kreatif, atau bahkan karena terlalu menjengkelkan sehingga orang penasaran dengan “hal menjengkelkan” tersebut. Well, decide by yourself !

(fj/ic/bl)

Fanya Jodie : Chief HR dan Corporate Communication Officer Vibiz Consulting Group dan penulis folder Inspiration “Be Your Self”, Marketing dan Business Today di web Businesslounge
Twitter: @fanyajodie

Foto: youtube

Related Posts

One Response

  1. indah

    promo melalui socmed memang membutuhkan kreatifitas tinggi dan ada lucky nya juga sih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.