(Business Lounge – Marketing) Fenomena merek Diet Coke & Mentos yang terjadi pada tahun 2005, dimana 2 orang guru fisika melakukan eksperimen memasukkan 2 butir Mentos ke dalam Diet Coke, yang terjadi adalah mentos tersebut bercampur dengan cairan soda mengalami proses kimia sehingga mengeluarkan molekul-molekul gas yang mendorong cairan Diet Coke seperti semburan air mancur.

Screen Shot 2013-06-17 at 7.32.33 AM

Sebenarnya eksperimen ini bermakud memberitahukan kepada publik bahayanya minum Diet Coke apabila dicampur dengan Mentos, maka proses kimia yang terjadi juga bisa berlangsung di perut bila campuran ini dikonsumsi oleh masyarakat.

Screen Shot 2013-06-17 at 7.33.14 AM

Efek dari peringatan yang didasarkan eksperimen ini diperkirakan akan berdampak mengurangi konsumsi Diet Coke karena minuman ini ada efek berbahayanya dari dorongan gas tersebut. Namun yang terjadi justru hal ini menjadikan efek sensasi bagi publik sehingga viral video dari ekperimen ini beredar dengan sangat cepatnya mengikuti rasa ingin tahu dan saling memberitahu satu dengan yang lain.

Screen Shot 2013-06-17 at 7.33.48 AM

Bahkan video untuk eksperimen ini ada berbagai versi produksinya dan kenyataan bahwa pemirsa You Tube sangat melejit, belum terhitung yang mengcopy dan mengedarkan sendiri. Untuk viral video dengan judul Diet Coke + Mentos yang diunggah pada 14 Juni 2006 hingga tulisan ini dibuat sudah mencapai hampir 16,5 juta pemirsa.

Bersamaan dengan fenomena melejitnya peredaran viral video ini penjualan Diet Coke dan Mentos juga sangat melejit. Yang semula eksperimen ini dikira akan menghantam Diet Coke dan Mentos, justru merupakan promosi gratis yang beredar dan membuat penjualan kedua merek ini melejit, sekalipun melejitnya penjualan adalah untuk dikonsumsi atau untuk dijadikan atraksi ekperimen, hal ini tidak diketahui.

Sumber gambar : screen shot You Tube.

(KN/KN/BL)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.